Pengembangan Instrumen Asesmen HOTS (Higher Order Thingking Skill) pada Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester 1 SMP Negeri 23 Padang

RAHMI, JASPITA and SUSI, HERAWATI and FAUZIAH, FAUZIAH (2020) Pengembangan Instrumen Asesmen HOTS (Higher Order Thingking Skill) pada Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester 1 SMP Negeri 23 Padang. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
12 rahmi jaspita (1610013211005) ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
12 rahmi jaspita (1610013211005) BAB I.pdf

Download (693kB)
[img] Text
12 rahmi jaspita (1610013211005) BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] Text
12 rahmi jaspita (1610013211005) BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
12 rahmi jaspita (1610013211005) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
12 rahmi jaspita (1610013211005) BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
12 rahmi jaspita (1610013211005) COVER.pdf

Download (286kB)
[img] Text
12 rahmi jaspita (1610013211005) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurang mampunya siswa dalam mengerjakan soal yang bertipe HOTS (Higher Order Thinking Skill). Siswa hanya bisa mengerjakan soal HOTS jika didampingi oleh guru. Apabila siswa mengerjakan sendiri siswa kurang mampu mengerjakannya. Keberhasilan penguasaan suatu konsep akan didapatkan ketika siswa sudah mampu berpikir tingkat tinggi, dimana tidak hanya dapat mengingat dan memahami suatu konsep, namun siswa dapat menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasikan suatu konsep dengan baik, konsep yang telah dipahami tersebut dapat melekat dalam ingatan siswa dalam waktu yang lama, sehingga penting sekali bagi siswa untuk memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi. Berdasarkan permasalahan diatas, maka peneliti mengembangkan pengembangan instrument asesmen HOTS (Higher Order Thingking Skill) matematika kelas VII Semester 1 SMP Negeri 23 Padang. Media pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan langkah-langkah pengembangan menurut Sugyono dengan melibatkan langkah penyusunan soal HOTS. Pengembangan tes ini terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal essay. Langkah-langkah pengembangan soal HOTS yang peneliti gunakan adalah langkah-langkah penelitian pengembangan menurut Sugiyono sampai dengan validasi desain. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan instrument asesmen matematika berupa soal tes HOTS (Higher Order Thinking Skill) yang valid pada pokok bahasan bilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Researc & Development (R&D). pada penelitian ini peneliti menggunakan 4 tahapan pengembangan yaitu potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk dan validasi desain Hasil validasi yang diperoleh dari validator yaitu rata-rata skor adalah 74,66% dengan kriteria valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Putri Pustaka
Date Deposited: 20 Nov 2020 03:28
Last Modified: 20 Nov 2020 03:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1615

Actions (login required)

View Item View Item