DESMITA, SARI TANJUNG and SUSI, HERAWATI and NINIWATI, NINIWATI (2020) Analisis Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Kemampuan Metakognisi Siswa Kelas VIII SMPN 12 Padang. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
13 Desmitha Sari Tanjung (1610013211006) ABSTRAK.pdf Download (324kB) |
|
Text
13 Desmitha Sari Tanjung (1610013211006) BAB I.pdf Download (609kB) |
|
Text
13 Desmitha Sari Tanjung (1610013211006) BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
|
Text
13 Desmitha Sari Tanjung (1610013211006) BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
|
Text
13 Desmitha Sari Tanjung (1610013211006) BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
13 Desmitha Sari Tanjung (1610013211006) BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
|
Text
13 Desmitha Sari Tanjung (1610013211006) COVER.pdf Download (332kB) |
|
Text
13 Desmitha Sari Tanjung (1610013211006) DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (367kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa. Hal ini terlihat dari hasil penyelesaian tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Dalam pembelajaran, kemampuan metakognisi sangat mempengaruhi strategi siswa dalam memahami konsep yang dipelajarinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika ditinjau dari kemampuan metakognisi siswa kelas VIII SMPN 12 Padang. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pemahaman konsep matematika siswa ditinjau dari kemampuan metakognisi siswa kelas VIII SMPN 12 Padang. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-2 SMPN 12 Padang. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes tertulis, angket, dan wawancara. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan metakognisi siswa kelas IX-2 SMPN 12 Padang terbagi menjadi tiga kategori, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Kemampuan pemahaman konsep matematika dengan tingkat kemampuan metakognisi tinggi sebanyak 12% dapat memenuhi semua indikator pemahaman konsep matematika. Kemampuan pemahaman konsep matematika dengan tingkat kemampuan metakognisi sedang sebanyak 72% cukup dapat memenuhi indikator pemahaman konsep matematika. Kemampuan pemahaman konsep matematika dengan tingkat kemampuan metakognisi rendah sebanyak 16% tidak dapat memenuhi semua indikator pemahaman konsep matematika. Dari hasil penelitian, disarankan agar siswa sebaiknya mengenali kemampuan dan strategi yang siswa miliki untuk dikembangkan dan dapat menjadi acuan untuk pemahaman konsep pada saat berhadapan dengan suatu masalah matematika.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Putri Pustaka |
Date Deposited: | 20 Nov 2020 03:31 |
Last Modified: | 20 Nov 2020 03:31 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1616 |
Actions (login required)
View Item |