Analisis Kriminogen Terhadap Tindak Pidana Pencurian Kendaraan Sepeda Motor di Kota Padang (Studi Kasus di Polresta Padang)

Indah Tri, Lestari and Rianda, Seprasia (2023) Analisis Kriminogen Terhadap Tindak Pidana Pencurian Kendaraan Sepeda Motor di Kota Padang (Studi Kasus di Polresta Padang). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
File 1 Indah Tri Lestari.pdf

Download (799kB)
[img] Text
File 2 Indah Tri Lestari.pdf

Download (135kB)
[img] Text
File 3 Full Text Indah Tri Lestari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tindak pidana pencurian kendaraan bermotor adalah masalah sosial yang terus meningkat terjadi di wilayah Kota Padang. Pencurian sebagaimana diatur dalam Pasal 362 – 367 KUHP sebagai salah satu ketentuan yang dapat menjerat pelaku pencurian kendaraan bermotor. Sebagaimana contoh kasus pelaku berinisial DF dan YOP, kedua pelaku itu mencuri sepeda motor merk Honda Scopy warna merah BA 5906 BS. Pelaku diciduk di lokasi berbeda, kemudian dilumpuhkan dengan timah karena melawan saat diamankan. Rumusan Masalah 1) Faktor apakah yang menyebabkan terjadinya pencurian sepeda motor di wilayah Kota Padang? 2) Bagaimanakah upaya penanggulangan pencurian sepeda motor oleh pihak Kepolisian Resort Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penulis melakukan penelitian hukum empiris (yuridis). Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis secara kualitatif. Simpulan penelitian 1) Faktor penyebab terjadinya kejahatan pencurian kendaraan sepeda motor di wilayah hukum Polresta Padang disebabkan oleh faktor ekonomi, faktor pendidikan, faktor lingkungan, dan faktor penegakan hukum. 2) Upaya penanggulangan yang dilakukan oleh penegak hukum atau aparat kepolisian diantaranya Pre-emtif, Preventif dan Represif. Kata Kunci : Kriminogen, Tindak Pidana, Pencurian, Kendaraan, Motor

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 12 Sep 2023 07:37
Last Modified: 12 Sep 2023 07:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16161

Actions (login required)

View Item View Item