PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI DONGENG MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS II SD NEGERI 21 LUBUK LINTAH PADANG

Nurhafifah, Nurhafifah and Hidayati, Azkiya (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI DONGENG MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS II SD NEGERI 21 LUBUK LINTAH PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HLM PENGESAHAN, ABSTRAK, DF ISI, BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (970kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)
[img] Text
FULLTEXS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca dan menyimak siswa di kelas II SD Negeri 21 Lubuk Lintah Padang yang disebabkan pada saat proses pembelajaran berlangsung guru kurang memotivasi siswa sehingga siswa kurang tertarik untuk membaca dan menyimak guru. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses peningkatan nilai hasil belajar kemampuan memahami isi dongeng menggunakan media audio visual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penelitian ini dilakasanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 21 Lubuk Lintah Padang yang berjumlah 24 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian kemampuan membaca pemahaman siswa, lembar aktivitas siswa, lembar aktivitas guru dan lembar tes akhir siklus I dan siklus II Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru dengan rata-rata pada siklus 1 62.4 kriteria cukup baik, dan pada siklus II rata-rata: meningkat 87.4 dengan kriteria sangat baik. Peningkatan aktivitas siswa dengan persentase pada siklus 1 78,1% dengan rata-rata siklus II rata-rata 89%. Kemudian nilai rata-rata kemampuan siswa pada siklus 1, 69 dan rata-rata kemampuan siswa pada siklus II, 87, dengan persentase ketuntasan pada siklus I 41.6%, pada siklus II dengan persentase ketuntasan 83% Dari penelitian ini, disimpulkan bahwa kemampuan memahami isi dongeng siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat ditingkatkan dengan menggunakan media audio visual. Berdasarkan penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan memahami isi dongeng siswa. Kata kunci: kemampuan, dongeng, media audio visual

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 14 Sep 2023 06:20
Last Modified: 14 Sep 2023 06:20
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16204

Actions (login required)

View Item View Item