PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII.4 DALAM PEMBELAJARANPKn DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPEGROUP INVESTIGATION (GI) DI SMP MUHAMMADIYAH 6 PADANG

Yusrio.Z, Yusrio.Z and Yusrizal, Yusrizal and NURHARMI, NURHARMI (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII.4 DALAM PEMBELAJARANPKn DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPEGROUP INVESTIGATION (GI) DI SMP MUHAMMADIYAH 6 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
18. COVER - BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
18. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan pada proses belajar mengajar PKn di SMP Muhammadiyah 6 padang tahun 2016/2017, diketahuai bahwa dalam meningkatkan hasil belajar siswa masih belum maksimal. Penelitian ini bertujuanuntukmendeskripsikanpeningkatanhasilbelajar siswakelas VIII.4 dalampembelajaranPKn dengan menggunakan model cooperative learning tipeGroup Investigation(GI) di SMP Muhammadiyah 6 Padang. JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianinidilakukandal amduasiklus, masingmasingsiklusterdiridaritiga kali pertemuan.Sabjekdaripenelitianiniadalahsiswakelas VIII.4 SMP Muhammadiyah 6 Padang berjumlah 20 orang.Instrument penelitiandigunakandalampenelitianiniadalahlembaranobservasihasilbelajarsiswa, lembaranaktivitas guru, catatanlapangandanlembarteshasilbelajarsiswa.Hasilanalisisdariobservasikegiatan gurudalammelaksanakanpembelajaran model cooperative Learning TipeGroup Investigationberhasilmencapaikriteriasangatbaik, dapatdilihatdari rata-rata persentasekegiatan guru meningkatdari 78,75%padasiklus I menjadi 92,85%padasiklus II, hasilbelajarsiswadalammengajukanpertanyaanmeningkatdari 32,5 % pada siklus I menjadi 80 % padasiklus II, hasilbelajarsiswadalammenjawabpertanyaanmeningkatdari 42,5% Pada siklus I menjadi 82,5% padasiklusII,hasilbelajarsiswadalammengerjakantugasdiberikan guru meningkat dari 60 % padasiklus I menjadi 90 % padasiklus II. Hasilbelajarsiswameningkatdari 45 %padasiklus I menjadi 84 % padasiklus II.Dari penelitianinidapatdisimpulkanbahwamodelcooperative learning tipe Group Investigation dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa. ________________________ Kata Kunci: Hasilbelajar, Group Investigation, PKn

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 14 Sep 2023 07:42
Last Modified: 14 Sep 2023 07:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16221

Actions (login required)

View Item View Item