PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Pegawai Non ASN Dinas Pemadam Kebakaran dan Badan Penangulanggan Bencana Daerah Kabupaten Pasaman Barat)

MH Fikran, MZ and Zaitul, Zaitul and Listiana, Sri Mulatsih (2023) PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Pegawai Non ASN Dinas Pemadam Kebakaran dan Badan Penangulanggan Bencana Daerah Kabupaten Pasaman Barat). Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (219kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (461kB)
[img] Text
FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh persepsi dukungan organisasi dan kepuasan kerja terhadap turnover intention dengan komitmen organisasi sebagai variabel mediasi pada pegawai non ASN Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Badan Penangulanggan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat. Jumlah responden sebanyak 136 orang pegawai non ASN Damkar dan BPBD. Model penelitian ini diuji kesesuaiannya melalui software Smart-PLS 3. Hasil penelitian membuktikan bahwa persepsi dukungan organisasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap komitmen organisasi, Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi, Komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap turnover intention, Persepsi dukungan organisasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap turnover intention, Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap turnover intention, Komitmen Organisasi tidak memediasi persespsi dukungan organisasi dengan Turnover Intention, Komitmen Organisasi memediasi kepuasan kerja dengan turnover intention pada pegawai non ASN Dinas Damkar dan BPBD Kabupaten Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen
Depositing User: Manajemen Magister
Date Deposited: 18 Sep 2023 01:27
Last Modified: 18 Sep 2023 01:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16247

Actions (login required)

View Item View Item