ANALISA PENGARUH DISTORSI HARMONISA TERHADAP RUGI-RUGI DAYA TRANSFORMATOR DISTRIBUSI SISTEM TENAGA AKIBAT PENGATURAN KECEPATAN MOTOR PADA INDUSTRI

Insanul, Fikri and Indra, Nisja (2023) ANALISA PENGARUH DISTORSI HARMONISA TERHADAP RUGI-RUGI DAYA TRANSFORMATOR DISTRIBUSI SISTEM TENAGA AKIBAT PENGATURAN KECEPATAN MOTOR PADA INDUSTRI. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
i.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii.pdf

Download (177kB)
[img] Text
iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Harmonisa adalah gangguan yang terjadi pada sistem distribusi tenaga listrik akibat terjadinya distorsi gelombang arus dan tegangan. Distorsi terjadi karena perubahan atau penyimpangan pada gelombang. Pada dasarnya, harmonisa adalah gejala pembentukan gelombang-gelombang dengan frekuensi berbeda yang merupakan perkalian bilangan bulat positif dengan frekuensi dasarnya. Hal ini disebut frekuensi harmonisa yang timbul pada bentuk gelombang aslinya sedangkan bilangan bulat pengali frekuensi dasar disebut angka urutan harmonisa. Misalnya, frekuensi dasarsuatu sistem tenaga listrik adalah 50 Hz, maka harmonisa keduanya adalah gelombang dengan frekuensi sebesar 100 Hz, harmonisa ketiga adalah gelombang dengan frekuensi sebesar 150 Hz dan seterusnya. Gelombang�gelombang ini kemudian menumpang pada gelombang murni/aslinya sehingga terbentuk gelombang cacat yang merupakan jumlah antara gelombang murnisesaat dengan gelombang hormoniknya. Harmonisa tidak bisa dihilangkan secara keseluruhan, tetapi dapat diredam nilainya sampai berada dalam batas aman. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredam harmonisa, tetapi yang paling sering dilakukan adalah dengan pemasangan filter pasif pada sistem kelistrikan. Sebelum merencanakan sebuah filter, terlebih dahulu kita harus melakukan studi harmonisa untuk mengetahui kondisi harmonisa di sistem kelistrikan tersebut menggunakan softwere ETAP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro
Depositing User: Teknik Elektro FTI
Date Deposited: 18 Sep 2023 02:02
Last Modified: 18 Sep 2023 02:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16250

Actions (login required)

View Item View Item