PENCEMARAN LAUT OLEH KAPAL TANKER MT FREYA DITINJAU DARI UNCLOS 1982 (STUDI KASUS PENCEMARAN DI PERAIRAN LAUT KALIMANTAN)

Abid Ridhwan, Fauzi and Dwi Astuti, Palupi and Ahmad, Iffan (2023) PENCEMARAN LAUT OLEH KAPAL TANKER MT FREYA DITINJAU DARI UNCLOS 1982 (STUDI KASUS PENCEMARAN DI PERAIRAN LAUT KALIMANTAN). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
TEKS 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KESIMPULAN.pdf

Download (414kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)

Abstract

Pencemaran Laut Oleh Kapal Tanker MT Freya Ditinjau Dari UNCLOS 1982 Dan Marpol 73/78 (Studi Kasus Pencemaran di Perairan Laut Kalimantan) Abid Ridhwan Fauzi, Dwi Astuti Palupi, Ahmad Iffan Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Bung Hatta E-mail: abidrf03@gmail.com ABSTRAK Pencemaran lingkungan laut adalah ketika masuknya unsur asing, zat energy ataupun komponen lain nya kedalam laut dimana mengakibatkan perubahan ekosistem sehingga menyebabkan terganggunya ekosistem dan merosot nya kualitas lingkungan,sehingga ekosistem tidak seimbang dan tidak berfungsi dengan baik. Rumusan Masalah: (1) Bagaimana pengaturan hukum laut Internasional terhadap pencemaran kapal di laut menurut UNCLOS 1982, (2) Bagaimana studi kasus kapal MT Freya yang melakukan pencemaran di laut Indonesia menurut UNCLOS 1982. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian hukum normatif. Sumber data sekunder yang terdiri dari bahan hukum premier, sekunder, dan tersier. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan, data dianalisis secara kualitatif. Hasil Penelitian: (1) UNCLOS 1982 telah mengatur secara lengkap mengenai perlindungan dan pelestarian lingkungan laut dalam Bab XII yang terdiri dari 45 Pasal (192-237) yang terdiri atas beberapa aspek (2) Berdasarkan letak Negara Indonesia berada pada posisi jalur silang transportasi laut dunia yang mana mengakibatkan Indonesia memiliki tanggung jawab atas perairan sesuai dengan negara kepulauan (archipelagic states) dalam UNCLOS 1982. Beban tanggung jawab negara dalam pencemaran laut yang dilakukan individu dan badan hukum adalah penanganan pencegahan, pengendalian, penanggulangan pencemaran serta membayar ganti rugi pada para pihak. Kata Kunci: Pencemaran, Laut,Hukum Laut UCLOS 1982,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 18 Sep 2023 02:10
Last Modified: 18 Sep 2023 02:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16257

Actions (login required)

View Item View Item