ANALISIS SENSORI DAN BIOKIMIA IKAN TONGKOL ASAP (SMOKED FISH) KONVENSIONAL DI DAERAH DUSUN BERKAT DESA TUAPEJAT KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

Krisye, M. Saogo and Yusra, Yusra and Suparno, Suparno (2023) ANALISIS SENSORI DAN BIOKIMIA IKAN TONGKOL ASAP (SMOKED FISH) KONVENSIONAL DI DAERAH DUSUN BERKAT DESA TUAPEJAT KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI. Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER - BAB I.pdf

Download (839kB)
[img] Text
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (57kB)
[img] Text
THESIS KRISYE FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masyarakat Dusun Berkat telah lama mengenal ikan asap, yakni yang diawetkan dengan proses pengasapan. Salah satu jenis ikan yang diasapkan di daerah tersebut adalah Ikan Tongkol. Penelitian ini dilakukan di daerah Dusun Berkat Desa Tuapejat Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi metode pengolahan yang dilakukan oleh masyarakat di Dusun Berkat, menganalisis mutu ikan asap ditinjau dari sensori, kimia dan mikrobiologi, menganalisis kelayakan dasar pengolahan ikan asap dan merumuskan strategi pengembangan industri kecil pengasapan ikan di Dusun Berkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis pengolahan ikan asap akan di analisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan metode uji sensori analisis proksimat, dan analis kapang yang akan dianalisis secara deskriptif kuantitaif. Metode penelitian yang digunakan dalam analisis kelayakan dasar pengolahan ikan asap adalah metode survey dan akan dianalaisis deskriptif dengan pendekatan deskriptif kualitatif sedangkan analisis strategi pengembangan usaha ikan asap menggunakan metode analisis SWOT dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian Ikan tongkol asap yang diproduksi oleh masyarakat daerah Dusun Berkat di oleh secara tradisional dengan pengasapan panas secara terbuka. Uji sensori ikan tongkol asap (kenampakan, bau, rasa dan tekstur) memiliki nilai yang sesuai dengan SNI 2725:2013. Kadar air ikan tongkol asap pada penelitian ini tertinggi 59.29 % dan terendah 55.59 %. Kadar protein ikan asap tongkol tertinggi adalah 30.04 % dan terendah adalah 27.18 %. Hasil total bakteri dan kapang ikan tongkol asap daerah Dusun Berkat melebihi batas syarat dari SNI 2725:2013. Berdasarkan hasil penelitian diketahui proses pengolahan Ikan Tongkol yang ada di daerah Dusun Berkat belum menerapkan standar GMP. Faktor internal memiliki score 3,02 sedangkan total nilai faktor eksternal adalah 2,28 Peluang terbesar dalam pengembangan usaha pengolahan ikan asap adalah kebijakan pemerintah membantu permodalan usaha kecil. Sedangkan ancaman yang terbesar adalah rendahnya pendapatan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Program Pascasarjana > Sumberdaya Perikanan Pesisir dan Kelautan
Depositing User: SP2K Magister
Date Deposited: 18 Sep 2023 01:21
Last Modified: 18 Sep 2023 02:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16260

Actions (login required)

View Item View Item