PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL ADVANCEORGANIZER DI SDN 12 PADANG KOTO GADANG

Lise, Wardinal and Muhammad, Sahnan and Yulfia, Nora (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL ADVANCEORGANIZER DI SDN 12 PADANG KOTO GADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover- BAB I.pdf

Download (885kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (182kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS dengan model Advance Organizer. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 12 Padang Koto Gadang yang berjumlah 22 orang. Isntrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi sikap siswa siswa, lembar tes dan kamera. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan, hasil belajar siswa ranah kognitif (pemahaman) pada pembelajaran IPS dengan persentase pada siklus I sebesar 45,45% yang tuntas, meningkat pada siklus II menjadi 81,81% siswa yang tuntas. Peningkatan hasil belajar afektif (tanggung jawab) siswa dibuktikan dengan observasi kegiatan siswa selama proses pembelajaran IPS pada siklus I hasil belajar siswa ranah afektif memperoleh rata-rata nilai 68,18 dengan jumlah siswa yang mencapai indikator keberhasilan sebanyak 15 siswa atau 68,18% termasuk dalam kategori cukup, meningkat pada siklus II dengan memperoleh rata-rata nilai 90,90 dan jumlah siswa yang mencapai indikator keberhasilan sebanyak 19 siswa atau 86,36% dengan kategori sangat baik, asfek belajar afektif (disiplin) siswa melalui model Advance Organizer pada siklus I hasil belajar siswa ranah afektif memperoleh rata-rata nilai 83,33 dengan jumlah siswa yang mencapai indikator keberhasilan sebanyak 15 siswa atau 68,18% meningkat pada siklus II dengan memperoleh rata-rata nilai 90,15 dan jumlah siswa yang mencapai indikator keberhasilan sebanyak 18 siswa atau 81,81% dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Hasil Belajar, Model Advance Organizer

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:40
Last Modified: 18 Sep 2023 06:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16277

Actions (login required)

View Item View Item