PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE GENERATIVE LEARNING DI SD NEGERI 10 TALANG SOLOK

Putri, Rahayu and Gusmaweti, Gusmaweti and Erwinsyah, Satria (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE GENERATIVE LEARNING DI SD NEGERI 10 TALANG SOLOK. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (134kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas dan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV di SDN 10 Talang Solok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan Metode Generative Learning di kelas IV SDN 10 Talang Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 18 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa, dan lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian yang diperoleh rata-rata aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan pada siklus I adalah 69,5% meningkat ke siklus II menjadi 86,1%. rata-rata aktivitas siswa dalam mengajukan pertanyaan adalah 63,9% meningkat ke siklus II menjadi 80,55%. Rata-rata aktivitas siswa dalam melakukan percobaan pada siklus I adalah 69,5% meningkat ke siklus II menjadi 88,9%. Rata-rata aktivitas siswa dalam memecahkan masalah pada siklus I adalah 63,9% meningkat ke siklus II menjadi 83,3%. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 44,4% meningkat ke siklus II menjadi 77,8%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Metode Generative Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA di SDN 10 Talang Solok. Disarankan agar guru dapat Metode Generative Learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA. Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar IPA, Metode Generative Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:17
Last Modified: 18 Sep 2023 08:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16288

Actions (login required)

View Item View Item