Pengembangan Modul Biologi Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Dilengkapi Mind Map Tentang Materi Sistem Peredarah Darah ManusiaKelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang

Rona, Tilli and Gusmaweti, Gusmaweti and Wince, Hendri (2017) Pengembangan Modul Biologi Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Dilengkapi Mind Map Tentang Materi Sistem Peredarah Darah ManusiaKelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
3. COVER - BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
3. SKRIPSI RONA TILLI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul biologi berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dilengkapi mind map tentang materi sistem peredaran darah manusia kelas VIII SMP 2 Padang valid dan praktis. Pengembangan modul mengggunakan tiga tahap dari 4-D Model, yaitu tahap define (pendefinisian), desain (perancangan), dan develop (pengembangan). Modul yang dikembangan divalidasi dosen Pendidikan Biologi dan Pendidikan Teknologi Informatika Universitas Bung Hatta dan responden validitas dan praktikalitas guru mata pelajaran IPA dan 54 orang siswa kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang. Data primer diperoleh dari angket validitas dan angket praktikalitas. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkan modul biologi berbasis CTL dilengkapi mind map dengan validitas sebesar 95,55% dengan kriteria sangat valid, Praktikalitas modul biologi berbasis CTL dilengkapi mind map dari guru sebesar 92,77% dan praktikalitas dari siswa 90,12% dengan kriteria sangat praktis. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa modul berbasis CTL dilengkapi mind map sangat praktis dan valid. Guru dan siswa dapat menggunakan modul biologi berbasis CTL dilengkapi mind map dalam proses pembelajaran biologi pada materi sistem peredaran darah manusia. Kata Kunci : Modul biologi, CTL, mind map, sistem peredaran darah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 19 Sep 2023 02:36
Last Modified: 19 Sep 2023 02:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16298

Actions (login required)

View Item View Item