PERANAN POLISI PARIWISATA DALAM MENGAMANKAN OBJEK VITAL DI TEMPAT WISATA KOTA PADANG (Studi Pada Kantor Polda Sumatera Barat )

ADINA SAFELA ISLAMY, ADINA SAFELA ISLAMY (2018) PERANAN POLISI PARIWISATA DALAM MENGAMANKAN OBJEK VITAL DI TEMPAT WISATA KOTA PADANG (Studi Pada Kantor Polda Sumatera Barat ). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
ADINA SAFELA ISLAMY cover.pdf

Download (108kB)
[img] Text
skripsi adina 14-285.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)

Abstract

PERANAN POLISI PARIWISATA DALAM MENGAMANKAN OBJEK VITAL DI TEMPAT WISATA KOTA PADANG (Studi kasus: Pada Kantor Polda Sumatera Barat ) Adina Safela Islamy, Fitriati 2 1 , Yetisma Saini 1 Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta 2 Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Ekasakti Email: adinasafelaislamy@gmail.com ABSTRAK Polisi pariwisata adalah Polri yang dibentuk secara khusus dalam bidang pariwisata yang bertugas dalam mengamankan tempat wisata menurut Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia No. 12 Tahun 2015 tentang Pengamanan Kepariwisataan. Polisi pariwisata melakukan pengamanan dengan berkoordinasi dengan Satpol PP mengamankan pantai Padang dari pemerasan, pencurian, parkir liar dan pembuangan sampah sembarangan di kawasan wisata pantai Padang. Rumusan masalah: 1. Bagaimanakah peranan polisi pariwisata dalam mengamankan objek vital di tempat wisata kota Padang? 2. Apa sajakah pola-pola pengamanan polisi pariwisata dalam mengamankan objek vital di tempat wisata kota Padang? Jenis penelitian adalah penelitian yuridis sosiologis. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis secara kualitatif. Simpulan hasil pelitian: 1. Peranan polisi pariwisata adalah Polisi pariwisata berperan untuk mengamankan tempat wisata serta berkoordinasi dengan pihak pengelola tempat wisata atau pihak yang bertanggung jawab terhadap keamanan tempat wisata, memberikan perlindungan kepada wisatawan dan memberikan informasi kepada otoritas pemegang tempat wisata. 2. Pola-pola pengamanan yang dilakukan polisi pariwisata yaitu melakukan pengamanan secara langsung dengan melakukan patroli ketempat wisata kota Padang dan pengamanan secara tidak langsung dengan melakukan koordinasi dengan pengelola tempat wisata kota Padang. Kata kunci: Peran, Polisi Pariwisata, Objek Vital Wisata

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 19 Sep 2023 04:03
Last Modified: 19 Sep 2023 04:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16306

Actions (login required)

View Item View Item