PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK- PAIR-SHARE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO- VISUAL PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 9 PADANG

Setriadi, Setriadi and Erman, Har and Gusmaweti, Gusmaweti (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK- PAIR-SHARE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO- VISUAL PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 9 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
14. COVER - BAB I.pdf

Download (16MB)
[img] Text
14. SKRIPSI FULL FINIISH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share yang dipadukan dengan media audio visual, dengan penerapan metode pembelajaran konvensional yang dipadukan dengan media audio visual pada siswa kelas XI IPA SMAN 9 Padang Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 9 Padang yang terdiri dari 5 kelas. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol secara random. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Teknik analisis data adalah uji normalitas, homogenitas dan hipotesis dengan uji t-tes melalui softwareSPSS versi 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 81,09 dan kelas kontrol 76,09 dengan hasil uji hipotesis sebasar 0,015 atau < 0,05. Maka H0ditolak H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antarapenerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share yang dipadukan dengan media audio visual dengan penerapan metode pembelajaran konvensional yang dipadukan dengan media audio visual. Saran dari penelitian ini adalah diharapkan bagi guru mata pelajaran biologi untuk dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair- Share sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan cara berpikir siswa, kreativitas dan kemampuan menyampaikan gagasan. Kata Kunci :Model pembelajaran Think-Pair-Share, Media audio visual, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 19 Sep 2023 04:16
Last Modified: 19 Sep 2023 04:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16310

Actions (login required)

View Item View Item