PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS IV SDN 01 BALAI AHAD LUBUK BASUNG KABUPATEN AGAM

Sri, Wahyuni and Wirnita, Eska and Zulfa, Amrina (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS IV SDN 01 BALAI AHAD LUBUK BASUNG KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (111kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV di SDN 01 Balai Ahad Lubuk Basung Kabupaten Agam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi melalui Model Picture and Picture siswa kelas IV SDN 01 Balai Ahad Lubuk Basung Kabupaten Agam. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Picture and Picture menurut Suprijono. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar kemampuan menulis siswa melalui 3 tahap yaitu tahap mengamati gambar, tahap menulis, dan tahap memperbaiki isi tulisan. Hasil penelitian diperoleh pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa adalah sebesar 35% meningkat menjadi 80% pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa siklus I adalah 69,8 meningkat ke siklus II menjadi 77,3. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN 01 Balai Ahad Lubuk Basung Kabupaten Agam. Disarankan kepada guru agar mengguanakan Model Picture and Picture dalam pembelajaran menulis deskripsi. Kata kunci: menulis karangan deskripsi, model picture and picture

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:49
Last Modified: 19 Sep 2023 06:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16334

Actions (login required)

View Item View Item