Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Langkah Polya Di Kelas VIII SMP Negeri 29 Padang.

SHERLY, NOVEL and KHAIRUDIN, KHAIRUDIN and Edrizon, Edrizon (2020) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Langkah Polya Di Kelas VIII SMP Negeri 29 Padang. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
16 Sherly Novella (1610013211012) ABSTRAK.pdf

Download (63kB)
[img] Text
16 Sherly Novella (1610013211012) BAB I.pdf

Download (111kB)
[img] Text
16 Sherly Novella (1610013211012) BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
16 Sherly Novella (1610013211012) BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
16 Sherly Novella (1610013211012) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16 Sherly Novella (1610013211012) BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
16 Sherly Novella (1610013211012) COVER.pdf

Download (34kB)
[img] Text
16 Sherly Novella (1610013211012) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang terbilang masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yang masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan langkah POLYA di kelas VIII SMP Negeri 29 Padang. Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan langkah POLYA di kelas VIII SMP Negeri 29 Padang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 29 Padang dengan 5 subjek penelitian yang diambil dari 32 orang siswa. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan pada hasil penyelesian soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberikan secara daring. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil angket validasi soal tes oleh validator ahli diperoleh nilai rata – rata kevalidan 3.68 dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil soal tes kemampuan pemecahan masalah berdasarkan Langkah POLYA diperoleh 4 orang siswa berada pada kategori kelompok tinggi , 19 orang siswa berada pada kelompok sedang dan 9 orang siswa berada pada kelompok rendah. Berdasarkan hasil wawancara dengan 5 subjek, subjek FO termasuk orang yang memiliki kemampuan yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik lainnya, FO ini mampu menyelesaikan jawabannya sesuai dengan langkah kemampuan pemecahan masalah pada soal tersebut. Subjek RE juga memiliki kemampuan yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik lainnya. RE juga bisa menyelesaikan jawaban sesuai dengan langkah kemampuan pemecahan masalah, RE merupakan siswa yang pandai dan rapi dalam menuliskan jawabannya. Subjek HM termasuk ke dalam peserta didik yang memiliki kemampuan yang sedang, HM kurang teliti dalam menyelesaikan soal yang telah diberikan.Subjek FC juga termasuk dalam peserta didik yang berkemampuan sedang dibandingkan dengan peserta didik lainnya, FC kurang teliti dalam menyelesaikan soal. Subjek RW memiliki kemampuan yang rendah, subjek RW kurang mengerti dan kurang pahm dalam informai yang telah diberikan pada soal, dan RW juga kurang teliti dalam menyelesaikan soal yang telah diberikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Putri Pustaka
Date Deposited: 20 Nov 2020 08:31
Last Modified: 20 Nov 2020 08:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1643

Actions (login required)

View Item View Item