PENERAPAN METODE PDM (PRECEDENCE DIAGRAM METHOD) DALAM PERHITUNGAN WAKTU PADA PROYEK PEMBANGUNAN KANTOR BPS KABUPATEN PASAMAN

Santia, Rahma Dewi and Indra, Khaidir (2023) PENERAPAN METODE PDM (PRECEDENCE DIAGRAM METHOD) DALAM PERHITUNGAN WAKTU PADA PROYEK PEMBANGUNAN KANTOR BPS KABUPATEN PASAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Laporan TA Santia Rahma Dewi (2110015211133) Cover-Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Laporan TA Santia Rahma Dewi (2110015211133) Penutup-Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Laporan TA Santia Rahma Dewi (2110015211133) Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Manajemen proyek berfungsi untuk mengelola proyek dari awal hingga proyek berakhir agar sesuai rencana. Manajemen proyek terdiri dari manajemen waktu, manajemen mutu, dan manajemen biaya. Dalam Manajemen waktu dibutuhkan penjadwalan yang terarah dan pengaturan waktu yang efesien. Salah satu metode penjadwalan waktu yaitu metode PDM (Precedence Diagram Method). PDM merupakan metode dengan jaringan kerja yang umumnya berbentuk segi empat, dan anak panah sebagai petunjuk kegiatan-kegiatan yang bersangkutan.Kelebihan PDM yaitu tidak memerlukan kegiatan fiktif sehingga jaringan menjadi lebih sederhana. Pada tugas akhir ini penulis menerapkan metode PDM pada penjadwalan waktu pada proyek pembangunan kantor BPS Kabupaten Pasaman. Penelitian ini bertujuan ntuk mengetahui bentuk diagram jaringan, total durasi serta kegiatan- kegiatan yang termasuk pada jalur kritis. Untuk penerapan metode PDM dibutuhkan identifikasi item-item pekerjaan, durasi tiap item pekerjaan serta merencanakan hubungan antar item pekerjaan (predecessor). Pada metode PDM memiliki 4 hubungan antar kegiatan yaitu SS (Start to Srart), SF (Start to Finish), FS (Finish to Start), FF (Finish to Finish). Dalam penerapan metode PDM ini dilakukan dengan melakukan perhitungan maju dan perhitungan mundur secara manual serta menggunakan bantuan aplikasi Microsoft Project 2019. Dalam penerapan metode PDM pada proyek pembangunan kantor BPS Kabupaten Pasaman diperoleh rencana durasi pekerjaan proyek selama 116 hari dari jadwal yang direncanakan yaitu 120 hari. Dari hasil analisa penjadwalan proyek dengan menggunakan metode PDM didapat 14 item pekerjaan yang berada pada lintasan kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:22
Last Modified: 25 Sep 2023 02:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16449

Actions (login required)

View Item View Item