Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika siswa Kelas VII SMPN 4 Padang

RINI, DESVINA and FAUZIAH, FAUZIAH and YUSRI, - (2020) Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika siswa Kelas VII SMPN 4 Padang. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
17 Rini Desvina (1610013211014) BAB I.pdf

Download (474kB)
[img] Text
17 Rini Desvina (1610013211014) ABSTRAK.pdf

Download (271kB)
[img] Text
17 Rini Desvina (1610013211014) BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
17 Rini Desvina (1610013211014) BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text
17 Rini Desvina (1610013211014) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17 Rini Desvina (1610013211014) BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
17 Rini Desvina (1610013211014) COVER.pdf

Download (296kB)
[img] Text
17 Rini Desvina (1610013211014) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Selain itu nilai ulangan harian siswa kelas VII SMPN 4 Padang masih banyak yang dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII SMPN 4 Padang dalam menyelesaikan soal bentuk Aljabar menurut Kastolan dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas VII SMPN 4 Padang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, Pengambilan sampel didasarkan pada teknik purposive sampling dengan subjek penelitian yaitu kelas VII SMPN 4 Padang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan jumlah kesalahan yang dilakukan siswa dengan sampel 21 siswa adalah jumlah kesalahan konseptual sebesar 20%, kesalahan prosedural 28%, kesalahan teknik 52%. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan yaitu kurang memahami soal, tidak mengetahui konsep yang digunakan untuk menjawab soal, kesalahan pada langkah-langkah penyelesaian soal, tidak teliti dalam menyelesaikan soal, kebiasaan buruk siswa menyalin hasil kerja teman, dan rasa malas dan ingin tahu siswa akan materi pembelajaran kurang. Dari hasil penelitian, disarankan agar siswa lebih banyak mengerjakan soal yang berkaitan dengan materi yang diajarkan dan lebih sering bertanya kepada guru apabila masih ada yang belum dimengerti

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Putri Pustaka
Date Deposited: 20 Nov 2020 08:35
Last Modified: 20 Nov 2020 08:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1645

Actions (login required)

View Item View Item