PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY,REPETITION DI SDN 04 KAJAI KOTA PARIAMAN

Fitrama, Yulis and Yusrizal, Yusrizal and Yulfia, Nora (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY,REPETITION DI SDN 04 KAJAI KOTA PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (999kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (201kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ujian akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 04 Kajai, yang berjumlah 20 orang siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang tuntas hanya 10 orang (50%) dan tidak tuntas sebanyak 10 orang (50%) dengan rata-rata nilai 65,5, terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 16 orang siswa yang tuntas (80%)dan tidak tuntas sebanyak 4 orang (20%) dengan rata-rata nilai 77,5. Rata-rata nilai hasil belajar afektif (kerja sama) siswa siklus I adalah 72,5 dan meningkat pada siklus II 80,62 dengan demikian mengalami peningkatan sebesar 8,12%.Rata-rata nilai hasil belajar afektif (tanggug jawab) siswa siklus I adalah 75,6 dan meningkat pada siklus II 77,5 dengan demikian mengalami peningkatan sebesar 1,9%. Dengan demikian, model pembelajaran Auditory, intellectually, Repetition(AIR)dapat meningkatkanhasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 04 Kajai Kota Pariaman.Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model Auditory, Intellectually, Repetition(AIR) dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci:Hasil Belajar, Auditory, Intellectually, Repetition

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 25 Sep 2023 04:09
Last Modified: 25 Sep 2023 04:09
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16468

Actions (login required)

View Item View Item