PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK PADA PAKAN BUATAN BERBAHAN TEPUNG BUAH ARA FERMENTASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN GURAMI (Osphronemous goramy Lac.)

QITHFUL, ILMI and M. Amri, M. Amri and Fuji, Astuti Febria (2023) PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK PADA PAKAN BUATAN BERBAHAN TEPUNG BUAH ARA FERMENTASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN GURAMI (Osphronemous goramy Lac.). Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER - BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PENUTUP - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TESIS QITHFUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pakan merupakan komponen produksi terbesar dalam kegiatan budidaya yaitu mencapai 50 – 70 %. Hal ini menjadi salah satu penyebab tingginya harga pakan yang menjadi hambatan dalam usaha budidaya ikan. Salah satu upaya untuk menekan biaya pakan adalah membuat pakan dengan mensubstitusi bahan dasar tepung kedelai dengan bahan yang relatif murah, namun tetap mengandung protein yang tinggi seperti tepung buah ara, serta dengan melakukan fermentasi akan meningkatkan kandungan protein pada pakan berbahan tepung buah ara. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis kandungan gizi formulasi pakan buatan berbahan tepung buah ara fermentasi dan (2) Menganalisis pengaruh pemberian probiotik pada pakan buatan berbahan tepung buah ara fermentasi terhadap biologi ikan gurami (Pertumbuhan berat mutlak, pertumbuhan panjang mutlak, laju pertumbuhan spesifik, rasio konversi pakan, efisiensi pemanfaatan pakan dan tingkat kelangsungan hidup). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 4 perlakuan dan 4 kali ulangan. Perlakuan yang diujikan adalah penambahan probiotik pada pakan buatan tanpa probiotik/control (A); Penambahan probiotik komersial (B); Penambahan probiotik modifikasi I (C) dan Penambahan probiotik modifikasi II (D). Probiotik komersial yang digunakan adalah probiotik yang biasa digunakan oleh para pembudidaya ikan gurame dan banyak dijual bebas di pasar yaitu probiotik dengan merek dagang Progurame. Probiotik modifikasi I adalah terdiri dari campuran yakult dan Probiotik modifikasi II adalah terdiri dari campuran dadiah. Pemeliharaan ikan gurami dilakukan selama 120 hari didalam waring, masing-masing di tebar benih gurami 15 ekor. Parameter Penelitian yang diamati adalah Pertumbuhan Berat Mutlak, Pertumbuhan Panjang Mutlak, Pertumbuhan panjang mutlak, Laju pertumbuhan spesifik (LPS), Rasio Konversi Pakan (FCR), Nilai Efisiensi Pakan (EPP) dan Tingkat Kelangsungan Hidup (SR). Data fisik dan biologis pakan yang diperoleh dari hasil penelitian terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenesis. Selanjutnya di analisis dengan uji stastistik One Way Anova. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kandungan gizi dari pakan buatan berbahan tepung buah ara fermentasi. Diperoleh masing-masing ; Kadar Air 6,81% (g/100 g), kadar Abu 9,94 % (g/100g), Protein Kasar (N X 6,25) 40,02 % (g/100g), Lemak Kasar 7,16 % (g/100g) karbohidrat 36,03 % (g/100g) dan Serat Kasar 2,883 % (g/100g). Pada perlakuan D (penambahan probiotik menggunakan dadiah 10 ml/kg pakan) memberikan nilai rata-rata tertinggi terhadap Pertumbuhan rata-rata mutlak, Pertumbuhan rata-rata panjang mutlak, Laju pertumbuhan spesifik, Kelangsungan hidup dan Efisiensi Pemanfaatan Pakan. Sedangkan pada Rasio konversi pakan terbaik terdapat pada pakan perlakuan B. Kata Kunci: Ikan Gurami, Pakan Buatan fermentasi, Kandungan Gizi Pakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Program Pascasarjana > Sumberdaya Perikanan Pesisir dan Kelautan
Depositing User: SP2K Magister
Date Deposited: 25 Sep 2023 04:29
Last Modified: 25 Sep 2023 04:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16472

Actions (login required)

View Item View Item