PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) DI SDN 01 BALAI NARAS

Friska, Noftiya and Muhammad, Sahnan and M., Tamrin (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) DI SDN 01 BALAI NARAS. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (11kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V di SDN 01 Balai naras, Kota Pariaman. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model Auditory Intellectualy Repetition (AIR). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPS melalui model Auditory Intellectualy Repetition (AIR) di SDN 01 Balai Naras, Kota Pariaman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 01 Balai Naras yang berjumlah 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar aktivitas guru, lembar penilaian ranah afektif siswa yaitu kerjasama pada siklus I 63,7% meningkat menjadi 83,59% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif yaitu aspek pengetahuan pada siklus I 46,87% meningkat menjadi 78,12% pada siklus II, Hal serupa juga mengalami peningkatan yaitu pada aspek pemahaman, pada siklus I 48,7 % menjadi menjadi 71,6% pada siklus II. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 01 Balai Naras setelah menggunakan model Auditory Intellectualy Repetition (AIR) Kata Kunci : IPS, Hasil Belajar, model Auditory Intellectualy Repetition (AIR)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 25 Sep 2023 06:53
Last Modified: 25 Sep 2023 06:53
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16484

Actions (login required)

View Item View Item