Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep matematika Siswa kelas X IPA SMAN 1 Candung

SHUFIATUL, HIDAYAH and FAUZIAH, FAUZIAH and YUSRI, WAHYUNI (2020) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep matematika Siswa kelas X IPA SMAN 1 Candung. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
18 SHUFIATUL HIDAYAH (1610013211015) BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text
18 SHUFIATUL HIDAYAH (1610013211015) ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
18 SHUFIATUL HIDAYAH (1610013211015) BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
18 SHUFIATUL HIDAYAH (1610013211015) BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
18 SHUFIATUL HIDAYAH (1610013211015) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
18 SHUFIATUL HIDAYAH (1610013211015) BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] Text
18 SHUFIATUL HIDAYAH (1610013211015) COVER.pdf

Download (29kB)
[img] Text
18 SHUFIATUL HIDAYAH (1610013211015) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa masih rendahnya pemahaman konsep siswa terhadap materi pelajaran matematika. Selain itu hasil ujian tengah semester matematika siswa masih banyak kurang dari nilai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas X IPA SMAN 1 Candung. Penelitian ini difokuskan pada empat indikator yaitu: (1) menyatakan ulang sebuah konsep; (2) mengklarifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu; (3) menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis; (4) mengaplikasikan konsep atau algoritma ke pemecahan masalah. Adapun pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas X IPA SMAN 1 Candung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas X IPA SMAN 1 Candung dengan 6 orang subjek penelitian, yang diambil dari 20 siswa berdasarkan nilai ulangan harian siswa. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan nilai ulangan harian siswa, saran guru matematika dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil ulangan harian siswa dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa secara keseluruhan memiliki persentase 60.62% dengan kategori cukup. Dengan pembagian kelompok yaitu kelompok tinggi mencapai 75% termasuk kategori baik, kelompok sedang mencapai 61.875% termasuk kategori cukup, dan kelompok rendah mencapai 39.875% termasuk kategori sangat kurang. Dari hasil penelitian yang dilakukan, kemampuan pemahaman konsep matematika siswa cukup, hal ini dapat terlihat pada indikator kemampuan pemahaman konsep matematika terutama dalam mengklarifikasikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis. Dari hasil penelitian disarankan agar guru dapat memberikan latihan-latihan dalam rangka meningkatkan kemampuan pemahaman konsep metematika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Putri Pustaka
Date Deposited: 20 Nov 2020 09:11
Last Modified: 20 Nov 2020 09:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1652

Actions (login required)

View Item View Item