ANALISA PENGARUH LAMANYA TERENDAM GENANGAN AIR TERHADAP STABILITAS CAMPURAN PERKERASAN BERASPAL AC-WC (Asphalt Concrete – Wearing Course)

Hendra, Wardi and Eva Rita, Rita and Embun, Sari Ayu (2023) ANALISA PENGARUH LAMANYA TERENDAM GENANGAN AIR TERHADAP STABILITAS CAMPURAN PERKERASAN BERASPAL AC-WC (Asphalt Concrete – Wearing Course). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (645kB)
[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB PENDAHULUAN TUGAS AKHIR.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34MB)

Abstract

Perkerasan beraspal merupakan jenis perkerasan jalan yang banyak digunakan berbagai negara. Lapisan permukaan yang dikenal di Indonesia adalah lapisan permukaan beton aspal AC-WC (Asphalt Concrete-Wearing Course). Namun, perkerasan beraspal memiliki kelemahan, terutama saat terkena genangan air hujan. Mengakibatkan melonggarkan ikatan antara agregat dengan aspal, saat ikatan aspal dan agregat longar, kendaraan yang lewat akan memberi beban yang menimbulkan retak atau kerusakan lainnya. Genangan air dapat meyebabkan sejumlah perubahan pada campuran aspal seperti pengurangan daya dukung perkerasan, serta terjadinya deformasi permanen atau retak pada permukaan perkerasan jalan. Metode penelitian adalah metode eksperimen dengan melakukan pengolahan data. Pengujian material metode Uji Spesifikasi Bina Marga 2018. Hasil dari pengujian marshall KAO adalah 6%, campuran agregat split 1-2 (19,1mm), 10%, agregat medium (12,5mm) 41%, abu batu 47%, filler 2%. Dengan variasi waktu perendaman 1x24 jam, 2x24 jam, 3x24 jam dan 4x24 jam. Kesimpulan penelitian adalah hasil perendaman 24 jam yaitu 1791 kg, sedangkan hasil perendaman 96 jam yaitu 1100 kg, nilai stabilitas semakin menurun seiringan lamanya perendam dengan air hujan, maka perlu menjaga konstruksi jalan agar tidak terendam air hujan dengan memperbaiki saluran aliran air yang ada disekitaran jalan tersebut dan selalu melakukan peninjauan ulang untuk keadaan dari konstruksi jalan yang sering terendam genangan air hujan secara terus menerus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:21
Last Modified: 26 Sep 2023 03:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16569

Actions (login required)

View Item View Item