ANALISA RESIKO SISA MATERIAL PADA PEKERJAAN KOLOM MENGGUNAKAN METODE FTA (FAULT TREE ANALYSIS)” (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung Sekolah Strada Jakarta Utara)

Ibrahim, Iflan Maulana and Indra Khaidir, S.T,. M.Sc, Indra Khaidir and Embun Sari Ayu, ST , MT, Embun (2023) ANALISA RESIKO SISA MATERIAL PADA PEKERJAAN KOLOM MENGGUNAKAN METODE FTA (FAULT TREE ANALYSIS)” (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung Sekolah Strada Jakarta Utara). Diploma thesis, Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN, SARAN, DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (667kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang pengamatan dilakukan untuk mengetahui resiko material yang di hasilkan pada pekerjaan kolom Proyek Pembangunan Sekolah Strada Jakarta Utara, menggunakan metode FTA (Fault Tree Analysis). Untuk nilai hasil yang di dapatkan dimana diperoleh 2 jenis sisa material untuk pekerjaan kolom Proyek Pembangunan Gedung Sekolah Strada Jakarta Utara ini yaitu besi tulangan dan beton. Dari hasil tersebut sisa material yang paling dominan adalah sisa material besi tulangan BJTS-420B, BJTP-24 yaitu dengan harga sisa Rp 14.774.463,-. Menurut skala tingkat resiko sisa material besi tulangan BJTS-420B, BJTP-24 merupakan sisa material yang signifikan dengan nilai tingkat resikonya 20, dikarenakan pada saat pengadaan material dan pemasangan besi tulangan tidak teliti dan saat pemotongan besi yang tidak sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sehingga menyebabkan sisa material berlebihan. Sedangkan untuk sisa material beton masuk ke dalam kategori skala tingkat resiko sedang dengan nilai tingkat resikonya 6, dikarenakan sebagian besar dalam bentuk fisik tidak dapat diperbaiki dan tidak dapat digunakan lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 26 Sep 2023 06:10
Last Modified: 26 Sep 2023 06:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16576

Actions (login required)

View Item View Item