PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V-B PADA PEMBELAJARAN PKn DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR AND SHARE DI SD NEGERI 29 BATANG ANAI PADANG PARIAMAN

Ramadhzaky, Ramadhzaky and Pebriyenni, Pebriyenni and Wirnita, Eska (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V-B PADA PEMBELAJARAN PKn DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR AND SHARE DI SD NEGERI 29 BATANG ANAI PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB V.pdf

Download (898kB)
[img] Text
COVER- BAB V.pdf

Download (898kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V-B SD Negeri 29 Batang Anai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mengerjakan latihan, berdiskusi, dan bertanya siswa kelas V-B pada pembelajaran PKn di SD Negeri 29 Batang Anai dengan menggunakan model Think Pair and Share. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas V-B tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 26 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan pembelajaran guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lenbar evaluasi siswa. Hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase skor aktivitas siswa mengerjakan latihan pada siklus I adalah 53,5% meningkat pada siklus II menjadi 80,08%, aktivitas berdiskusi siswa pada siklus I adalah 50,1% meningkat pada siklus II menjadi 86,03% dan aktivitas bertanya siswa pada siklus I adalah 48,1% meningkat pada siklus II menjadi 76,90%. dan hasil belajar siswa siklus I rata-rata 66,53 dengan persentase ketuntasan 50,0% meningkat pada siklus II rata-rata 74,5 dengan persentase ketuntasan 84,61%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V-B SD Negeri 29 Batang Anai dalam pembelajaran PKn dapat ditingkatkan dengan model Think Pair and Share. Peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model Think Pair and Share untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: PKn, Aktivitas dan Hasil Belajar, Model Think Pair and Share

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 29 Sep 2023 02:37
Last Modified: 29 Sep 2023 02:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16657

Actions (login required)

View Item View Item