PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN PKn DI SDN 15 PAKASAI PARIAMAN TIMUR

Winda, Syukrika.M and NURHARMI, NURHARMI and Muhammad, Sahnan (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN PKn DI SDN 15 PAKASAI PARIAMAN TIMUR. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (19kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dapat ditunjukkan dengan nilai ulangan harian siswa. Pada nilai ulangan harian, siswa yang mampu mencapai KKM hanya 4 orang siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn dengan model Group Investigation di SDN 15 Pakasai Kecamatan Pariaman Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pakasai Kecamatan Pariaman Timur. Instrument penelitian lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi hasil belajar afektif siswa dan lembar tes hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil analisis hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn diperoleh persentase hasil belajar afektif siswa pada siklus I sebasar 53,3% dan meningkat pada siklus II sehingga menjadi 80%. Persentase hasil belajar kognitif siswa pada aspek pengetahuan sebasar 73,3% pada siklus I meningkat pada siklus II sehingga menjadi 80%. Hasil belajar kognitif siswa pada aspek pemahaman sebasar 60% pada siklus I meningkat pada siklus II sehingga menjadi 80%. Dari hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn dengan model Group Investigation pada siswa kelas IV SDN 15 Pakasai Kecamatan Pariaman Timur dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Hasil Belajar, PKn, Group Investigation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:38
Last Modified: 02 Oct 2023 03:38
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16704

Actions (login required)

View Item View Item