PELAKSANAAN PENYIDIKAN TERHADAP TINDAK PIDANA SEORANG IBU YANG MEMBUANG BAYINYA SESAAT SESUDAH DILAHIRKAN (Studi Kasus Polsek Koto Tangah Kota Padang)

PUNGKI FERNANDO PUTRA, PUNGKI FERNANDO PUTRA (2018) PELAKSANAAN PENYIDIKAN TERHADAP TINDAK PIDANA SEORANG IBU YANG MEMBUANG BAYINYA SESAAT SESUDAH DILAHIRKAN (Studi Kasus Polsek Koto Tangah Kota Padang). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
PUNGKI FERNANDO PUTRA cover.pdf

Download (294kB)
[img] Text
pungki.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)

Abstract

Reg No. : 76/PID-02/1-2018 Pelaksanaan Penyidikan Terhadap Tindak Pidana Seorang Ibu Yang Membuang Bayinya Sesaat Sesudah Dilahirkan (Studi Kasus Di Polsek Koto Tangah Kota Padang) Pungki Fernando 1 , Syafridatati 1 , Yetisma Saini 1 1 Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta Email : pungkifernandoputra@yahoo.com ABSTRAK Tindak pidana pembuangan bayi adalah suatu perbuatan yang dilakukan oleh seorang dengan sengaja meninggalkan anak yang baru lahir untuk ditemukan oleh orang lain, pembuangan bayidiatur dalam pasal 308 KUHP, Tersangka (M) membuang bayinya sesaat sesudah dilahirkan di Komplek Megamarina Kecamatan Koto Tangah dan Kepolisian Koto Tangah melakukan penyidikan terhadap kasus tersebut. Rumusan masalah: 1) Bagaimanakah pelaksanaan penyidikan oleh Polsek Koto Tangah Kota Padang terhadap tindak pidana seorang ibu yang membuang bayinya sesaat sesudah dilahirkan? 2) Apakah kendala-kendala yang ditemui oleh penyidik Polsek Koto Tangah Kota Padang dalampelaksanaan penyidikan terhadap tindak pidana seorang ibu yang membuang bayinya sesaat sesudah dilahirkan?Jenispenelitian adalah peneliti yuridis sosiologis. Sumber data berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan studi dokumen.Data dianalisis secara kualitatif. Simpulan hasil penelitian 1) Penyidikanterhadapkasuspembuanganbayi yang terjadi di wilayahPolsek Koto tangahmeliputi:adanya laporan dari masyarakat, pengolahan TKP oleh penyidik, mencari informasi) di lokasi pembuangan bayi, wawancaradengan saksi yang ditemui pada saat pengamatan, pembuntutanorang yang dicurigai, pelacakandengan menggunakan teknologi informasi, melalui kerjasama dengan Puskesmas dan datadata yang telah diberikan saksi.2) Kendala-kendalaPolsek Koto Tangahdalammelakukanpenyidikantindakpidanapembuanganbayi di wilayahhukumPolsek Koto tangahmeliputi: a) faktor internal yaitu kurangnya partisipasi masyarakat, Sarana dan prasarana,sulitnyamenemukan tersangka b) faktor eksternal yaitu keterangan labil dari tersangka dalam pemeriksaan, karena rasa malu tersangka sulit memberikan keterangan. Kata kunci: Penyidikan, Pembuangan Bayi, Ibu, Dilahirkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 10 Oct 2023 01:58
Last Modified: 10 Oct 2023 01:58
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16777

Actions (login required)

View Item View Item