UPAYA SATLANTAS POLRESTA PADANG DALAM PENANGGULANGAN PELANGGARAN LALU LINTAS DALAM HAL PENGGUNAAN KNALPOT RACING PADA SEPEDA MOTOR (STUDI KASUS POLRESTA PADANG)

REGIA DESFI ARLI, REGIA DESFI ARLI (2018) UPAYA SATLANTAS POLRESTA PADANG DALAM PENANGGULANGAN PELANGGARAN LALU LINTAS DALAM HAL PENGGUNAAN KNALPOT RACING PADA SEPEDA MOTOR (STUDI KASUS POLRESTA PADANG). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
REGIA DESFI ARLI cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Regia Desfi Arli.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENANGGULANGAN PELANGGARAN LALU LINTAS DALAM HAL PENGGUNAAN KNALPOT RACING PADA SEPEDA MOTOR (STUDI KASUS POLRESTA PADANG) Regia Desfi Arli 1 2 , Fitriati 1 , Syafridatati , 2 Prodi IlmuHukum, FakultasHukum, Universitas Bung Hatta Prodi Ilmu Hukum, FakultasHukum, Universitas Ekasakti Email :desfiregia@yahoo.com ABSTRAK Persyaratan teknis laik jalan pada sepeda motor diatur dalam Pasal 285 Undangundang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Penggunaan knalpot racing merupakan salah satu pelanggaran tidak standar, pelanggaran terhadap aturan tersebut banyak terjadi di kota Padang. Pananggulangan yang dilakukan oleh Satlantas Polresta Padang terhadap pelaku pelanggaran sepeda motor yang memakai knalpot racing dipidana dengan kurungan atau denda. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah upaya penanggulangan yang dilakukan oleh satlantas polresta padang terhadap pelaku pelanggaran penggunaan knalpot racing ? ; (2) apakah kendala yang ditemui satlantas polresta Padang dalam proses penanggulangan terhadap pelaku penggunaan knalpot racing pada sepeda motor?. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Data dikumpulkan dengan wawancara dan studi dokumen. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan 1) Penanggulangan yang dilakukan oleh Satlantas Polresta Padangdengan melakukan penyuluhan pada sekolah-sekolah, melakukan operasi kepolisian seperti razia, melakukan patroli dan penjagaan pos-pos polisi yang ada di perempatan, 2) kendala yang ditemui oleh polisi lalu lintas daerah kota Padang dalam penanggulangan yaitu kurangnya pengetahuan masyarakat tentang apa saja persyaratan teknis laik jalan. Kata kunci : Penanggulangan, Satlantas, Pelanggaran, Knalpot racing

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 10 Oct 2023 03:09
Last Modified: 10 Oct 2023 03:09
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16779

Actions (login required)

View Item View Item