STUDI TENTANG MOTIVASI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENJAS ORKES di SMP KARTIKA 1-7 PADANG TIMUR

SALAMAT, SIMANJUNTAK and Madri, Madri and Ali, Mardius (2017) STUDI TENTANG MOTIVASI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENJAS ORKES di SMP KARTIKA 1-7 PADANG TIMUR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
10. COVER.pdf

Download (72kB)
[img] Text
10. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)

Abstract

pada penelitian ini permasalahan yang diangkat adalah rendahnya motivasi peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dimana di SMP Kartika I-7 Padang banyak siswa yang tidak serius dalam melakukan kegiatan olahraga yang diajarkan dan juga ada yang takut dimarahi oleh guru, sehingga peserta didik ikuti olahraga dengan paksa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan populasi siswa sebanyak 496 orang. Teknik pengambilan sampelnya adalah Stratified Proportional Random Sampling, dimana sampelnya berjumlah 10% dari setiap strata kelas, diperoleh sampel sebanyak 50 orang. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah dengan menyebarkan kuesioner pada responden terpilih. Pertanyaan penelitiannya adalah: 1) Seberapa besar motivasi intrinsik peserta didik dengan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Kartika I-7 Padang Timur. 2)Seberapa besar motivasi ekstrinsik peserta didik terhadap pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Kartika I-7 Padang Timur. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan tabulasi frekuensi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penelitian menunjukkan bahwa motivasi intrinsik diperoleh dengan tingkat prestasi sebesar 74,5%. Artinya motivasi intrinsik yang dimiliki peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan berada pada kategori baik. Sedangkan untuk motivasi ekstrinsik diperoleh dengan tingkat ketercapaian sebesar 67,8% yang berkategori baik. Dengan demikian motivasi intrinsik dan ekstrinsik peserta didik berada pada kategori baik. Untuk memperoleh tingkat prestasi belajar yang dikategorikan sangat baik perlu ditingkatkan motivasinya, baik yang berasal dari dalam diri peserta didik (intrinsik) maupun yang datang dari luar peserta didik (ekstrinsik). Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:32
Last Modified: 11 Oct 2023 02:32
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16793

Actions (login required)

View Item View Item