PENEGAKAN HUKUM OLEH BALAI KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM PROVINSI SUMATERA BARAT TERHADAP TINDAK PIDANA MEMPERNIAGAKAN SATWA LANDAK YANG DILINDUNGI

THOYIBAT SYANI, THOYIBAT SYANI (2018) PENEGAKAN HUKUM OLEH BALAI KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM PROVINSI SUMATERA BARAT TERHADAP TINDAK PIDANA MEMPERNIAGAKAN SATWA LANDAK YANG DILINDUNGI. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
CD SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
THOYIBAT SYANI cover.pdf

Download (909kB)

Abstract

PENEGAKAN HUKUM OLEH BALAI KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM PROVINSI SUMATERA BARAT TERHADAP TINDAK PIDANA MEMPERNIAGAKAN SATWA LANDAK YANG DILINDUNGI 1 Thoyibat Syani 1 , Yetisma Saini 1 , Syafridatati , 1 Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Bung Hatta e-mail : thoyibatsyani@gmail.com ABSTRAK Tindak pidana memperniagakan satwa landak yang dilindungi diatur dalam UndangUndang Nomor 5 Tahun 1990 Pasal 21 Ayat (2) huruf a Junto Pasal 40 Ayat (2) yang pada kenyataannya masih sulit untuk membuat pelaku jera. Kasus yang terjadi pada daerah hukum Kepolisian Resort Padang Pariaman bersama Pihak BKSDA Provinsi Sumatera Barat menangkap seorang pelaku yang hendak memperniagakan landak di Korong Kampuang Cubadak, Nagari Koto Baru, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman (20/4/2014). Rumusan Masalah : (1) Bagaimanakah penegakan hukum oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Sumatera Barat terhadap tindak pidana memperniagakan satwa landak yang dilindungi? (2) Apakah upaya yang dilakukan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Sumatera Barat dalam penegakan hukum terhadap tindak pidana memperniagakan satwa landak yang dilindungi? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis sosiologis. Sumber datanya adalah data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumen, data dianalisis secara kualitatif. Simpulan hasil penelitian : (1) Penegakan hukum yang dilakukan oleh BKSDA terhadap tindak pidana memperniagakan satwa landak yang dilindungi adalah sebagai penyidik, sebagai saksi ahli, dan melakukan koordinasi dengan Pihak POLRI dalam hal penangkapan (2) Upaya yang dilakukan oleh BKSDA adalah melakukan penyuluhan, melakukan kegiatan patroli, menangkap pelaku dan memberikan sanksi administrasi bagi pelaku. Kata Kunci : Penegakan Hukum, BKSDA, Memperniagakan, Landak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:04
Last Modified: 12 Oct 2023 03:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16825

Actions (login required)

View Item View Item