PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PREDICTION GUIDE DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP N 29 PADANG

Febby, Fauzila Putri and Lutfian, Almash and Yusri, Wahyuni (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PREDICTION GUIDE DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP N 29 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
17. COVER.pdf

Download (141kB)
[img] Text
17. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90MB)

Abstract

Hasil belajar siswa kelas VII SMP N 29 Padang masih banyak di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dikarenakan siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran, dan masih ada siswa yang tidak menyimak saat pembelajaran. Sehingga, ketika diberikan soal latihan hanya beberapa siswa yang mampu mengerjakannya dan yang lain hanya menyalin jawaban dari teman. Untuk mengatasi hal tersebut dapat digunakan model pembelajaran. Salah satunya yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Prediction Guide. Dengan menerapkan model pembelajaran ini, diharapkan dapat membantu siswa untuk lebih aktif dalam belajar serta dapat meningkatkan perhatian siswa dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan perkembangan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VII SMP N 29 Padang selama menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Prediction Guide dan pembelajaran biasa. 2) Mengetahui proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Prediction Guide dan proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika dengan pembelajaran biasa di kelas VII SMP N 29 Padang. Pertanyaan yang diajukan pada penelitian ini adalah bagaimanakah perkembangan aktivitas belajar matematika siswa kelas VII SMP N 29 Padang selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Prediction Guide dibandingkan dengan pembelajaran biasa? Hipotesis pada penelitian ini adalah proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Prediction Guide lebih tinggi dari pada proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran biasa di kelas VII SMP N 29 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VII SMP N 29 Padang pada tahun UNIVERSITAS BUNG HATTApelajaran 2016/2017. Kelas sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eskperimen dan kelas kontrol. Untuk pengambilan kelas sampel dilakukan secara acak karena semua kelas homogen. Aktivitas belajar matematika siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol secara umum cenderung meningkat. Walaupun pada setiap pertemuan aktivitas belajar siswa masih mengalami kenaikan dan penuruan. Sedangkan hasil belajar matematika siswa pada kelas sampel setelah dilakukan uji hipotesis diperoleh = 5,16 dan = 1 dengan 0,01 < p < 0,025. Oleh karena < 0,05 berarti ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Prediction Guide lebih tinggi dari pada proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika dengan menerapkan pembelajaran biasa. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Prediction Guide lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:38
Last Modified: 16 Oct 2023 03:38
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16868

Actions (login required)

View Item View Item