ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL ALJABAR DI SMP NEGERI 27 PADANG

Nunung, Putri Wulandari and Zulfa, Amrina and NINIWATI, NINIWATI (2017) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL ALJABAR DI SMP NEGERI 27 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
27. COVER.pdf

Download (520kB)
[img] Text
27. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal aljabar. Selain itu, nilai ulangan harian matematika yang diperoleh siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang tahun pelajaran 2015/2016 masih banyak yang di bawah KKM. Untuk itu perlu dilakukan analisis kesalahan yang dilakukan siswa serta mendeskripsikan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis kesalahan dari segi fakta, keterampilan, konsep aturan dan tidak menjawab soal yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang dalam menyelesaikan soal-soal aljabar. 2) Mendeskripsikan faktor yang menyebabkan siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal aljabar. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah: 1) Berapakah persentase kesalahan fakta, kesalahan keterampilan, kesalahan konsep, kesalahan aturan, dan kesalahan tidak menjawab soal yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang dalam menyelesaikan soal-soal aljabar?, 2) Apakah faktor yang menyebabkan siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal aljabar?. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan menggunakan metode penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah 225 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih kelas VIII5 sebagai sampel penelitian dengan jumlah 31 orang siswa. Instrumen penelitian berupa tes dan wawancara. Tes yang diberikan berupa tes uraian. Tes digunakan untuk melihat persentase kesalahan yang dilakukan siswa, dan UNIVERSITAS BUNG HATTAiv wawancara digunakan untuk mendeskripsikan faktor yang menyebakan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal aljabar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) kesalahan fakta yang dilakukan siswa yaitu sebesar 52%, 2) kesalahan keterampilan yang dilakukan siswa yaitu sebesar 100%, 3) kesalahan konsep yang dilakukan siswa yaitu sebesar 100%, 4) kesalahan aturan yang dilakukan siswa yaitu sebesar 92%, 5) dan kesalahan tidak menjawab soal yang dilakukan siswa yaitu sebesar 92%. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal aljabar yaitu: 1) faktor internal, 2) faktor eksternal, 3) dan faktor kecerobohan. Dari hasil penelitian disarankan sebaiknya guru dalam mengajar lebih memperhatikan siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan, agar guru tahu kesalahan-kesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa dalam mempelajari materi yang di ajarakan, serta memfokuskan siswa terhadap pemahaman konsep dan memperhatikan materi prasyarat yang harus dikuasai siswa sebelum mempelajari materi baru. Selain itu, sebaiknya guru juga melakukan analisis terhadap kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal sehingga dapat menentukan langkah yang tepat untuk mengatasi kesalahan-kesalahan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:07
Last Modified: 16 Oct 2023 04:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16877

Actions (login required)

View Item View Item