PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP N 15 PADANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

VIKA, ADHA PRAMESWARI and Fazri, Zuzano and Yusri, Wahyuni (2017) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP N 15 PADANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
2. COVER.pdf

Download (523kB)
[img] Text
2. SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Salah satu faktor penyebab banyak nilai siswa kelas VII SMPN 15 Padang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah kurangnya pemahaman konsep matematis siswa. Oleh sebab itu, guru harus mampu memilih strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalah strategi Learning Starts with A Question (LSQ). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan pemahaman konsep matematis siswa selama diterapkan strategi pembelajaran aktif tipe LSQ dan untuk mengetahui pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe LSQ lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran biasa di kelas VII SMPN 15 Padang. Pertanyaan penelitian ini adalah “Bagaimana perkembangan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMPN 15 Padang selama diterapkan strategi pembelajaran aktif tipe LSQ?”. Hipotesis penelitian ini adalah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe LSQ lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran biasa pada kelas VII SMPN 15 Padang”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 15 Padang yang terdaftar pada tahun pembelajaran 2016/2017 yang terdiri dari kelas 7 yaitu VII1 sampai VII7. Sampel diambil secara acak setelah dilakukan uji normalitas, uji homogenitas pupolasi dan uji kesamaan rata-rata. Kelas eksperimen yang terpilih adalah kelas VII1. Dan kelas kontrol yang terpilih adalah kelas VII7. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah perlakuan yang diberikanpada kelas sempel penelitian yaitu pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe LSQ pada kelas eksperimen dan pembelajaran biasa pada kelas kontrol. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 19 Oct 2023 03:46
Last Modified: 19 Oct 2023 03:46
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16882

Actions (login required)

View Item View Item