PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF DENGAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SISWA KELAS VIII SMP

Intan, Wilyetri and Mukhni, Mukhni and Fazri, Zuzano (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF DENGAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SISWA KELAS VIII SMP. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
8.COVER.pdf

Download (665kB)
[img] Text
8. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu materi yang sulit digunakan siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang adalah Bangun Ruang Sisi Datar dengan sub materinya Luas Daerah Permukaan Kubus, Balok, Prisma dan Limas. Guru mencoba membuat jaringjaring bangun ruang sisi datar dari kertas karton dan alat peraga lainnya yang disediakan sekolah. Namun siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan menetukan rumus serta menyelesaikan soal-soal matematika. Berdasarkan masalah tersebut penulis ingin membuat media pembelajaran matematika interaktif bentuk aplikasi yang memiliki animasi dan materi yang disajikan sesuai dengan pokok bahasan luas daerah permukaan kubus, balok, prisma dan limas serta siswa dapat berinteraksi langsung dengan media tersebut. Media pembelajaranini, dikembangkan dengan menggunakan macromedia flash tetapi disajikan dalam bentuk aplikasi, sehingga siswa atau guru menggunakan aplikasi ini tanpa mendownload macromedia flash atau menginstal macromedia flash tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika interaktif yang valid pada materi bangun ruang sisi datar dengan sub pokok bahasan luas daerah permukaan kubus, balok, prisma, dan limas. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Media pembelajaran matematika interaktif dengan macromedia flash dalam bentuk aplikasi pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa kelas VIII yang dihasilkan valid dan praktis”. Jenispenelitianiniadalahpenelitianpengembangandenganmenggunakanpr osedurpenelitianpengembanganADDIE dan Borg dan Gall yang terdiridaripenelitiandanpengumpulaninformasi serta perencanaan (Analysis), dilanjutkandenganpengembangan drafproduk (Desain and Development) yaitu produk awal, validasi, dan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 19 Oct 2023 04:05
Last Modified: 19 Oct 2023 04:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16888

Actions (login required)

View Item View Item