MUTHIA, EFFENDI and Mukhni, Mukhni and Yusri, Wahyuni (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING LEARNING DALAM PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 16 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
14. cover.pdf Download (707kB) |
|
Text
14. skripsi.PDF Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Salah satu faktor penyebab banyak nilai siswa kelas VII SMPN 16 Padang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah kurangnya pemahaman konsep matematika siswa. Oleh sebab itu guru harus mampu memilih model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Model Pembelajaran probing prompting learning. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran probing prompting learning pada siswa kelas VII SMPN 16 Padang dan apakah pemahaman konsep matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan Model Pembelajaran probing prompting learning lebih baik dari pemahaman konsep matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMPN 16 Padang Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa selama diterapkan Model Pembelajaran probing prompting learning dan untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa menggunakan Model Pembelajaran probing prompting learning lebih baik dari pemahaman konsep matematika yang menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMPN 16 Padang. Pertanyaan penelitian ini adalah “Bagaimana pemahaman konsep matematika siswa selama menerapkan Model Pembelajaran probing prompting learning pada kelas VII SMPN 16 Padang ?”. Hipotesis penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan Model Pembelajaran probing prompting learning lebih baik dari pemahaman konsep matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMPN 16 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 16 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari delapan kelas yaitu VII1 sampai VII8. sampel diambil secara acak setelah dilakukan uji normalitas, uji homogenitas populasi dan uji kesamaan ratarata. Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling dan kelas eksperimen yang terpilih adalah kelas VII4 dan kelas kontrol yang terpilih adalah kelas VII2. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah perlakuan yang diberikan pada kelas sampel penelitian yaitu penerapan Model Pembelajaran probing prompting learning kelas eksperimen dan pembelajaran yang menerapkan pembelajaran biasa pada kelas kontrol. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa setelah perlakuan diberikan. Jenis data penelitian ini adalah data kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer, yaitu bersumber dari tes akhir dari kelas sampel dan sumber data
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 07:06 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 07:06 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16894 |
Actions (login required)
View Item |