ANALISIS PENGUASAAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA KELAS X SMAN 2 LENGAYANG

Rusmaneli, Rusmaneli and Fazri, Zuzano and Yusri, Wahyuni (2017) ANALISIS PENGUASAAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA KELAS X SMAN 2 LENGAYANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
21.COVER.pdf

Download (338kB)
[img] Text
21. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal perbandingan trigonometri, selain itu tingkat penguasaan siswa belum optimal terlihat dari kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang dilakukannya serta hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini di lihat dari hasil ujian semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 diperoleh dengan jumlah siswa 150 orang, sebanyak 6 siswa atau 4% yang mencapai nilai KKM ditetapkan oleh sekolah yaitu ≥ 80. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan persentase tingkat penguasaan siswa kelas X SMAN 2 Lengayang dalam menyelesaikan soal perbandingan trigonometri berdasarkan ranah kognitif Taksonomi Bloom dan berdasarkan indikator soal pada materi perbandingan trigonometri, (2) mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal perbandingan trigonometri, dan (3) menemukan apa saja faktor yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa berdasarkan faktor internal dan eksternal siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Lengayang pada tahun pelajaran 2016/2017, sedangkan sampel penelitian adalah satu kelas yang diambil dengan teknik purposive sampling berdasarkan nilai ujian semester ganjil mata pelajaran matematika yang memiliki rata-rata terendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes penguasaan siswa dan angket atau kuesioner kesulitan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :Pertama, persentase tingkat penguasaan siswa dalam menyelesaikan soal perbandingan trigonometri berdasarkan ranah kognitif Taksonomi Bloom pada tingkat mengingat (C1) sebagian besar siswa berada pada kategori mampu yaitu sebesar 82,75%, pada

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:42
Last Modified: 19 Oct 2023 07:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16900

Actions (login required)

View Item View Item