ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT BERDASARKAN TEORI BELAJAR VAN HIELE DI KELAS VII SMPN 40 PADANG

Aziza, Atnita and Susi, Herawati and NINIWATI, NINIWATI (2017) ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT BERDASARKAN TEORI BELAJAR VAN HIELE DI KELAS VII SMPN 40 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
26. cover.pdf

Download (422kB)
[img] Text
26. isi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam menyelesaikan permasalahan geometri, khususnya bangun datar segi empat. Karena dalam menyelesaikan permasalahan geometri siswa dituntut untuk berpikir kreatif, sedangkan kenyataannya siswa suka bermalas-malasan dan hanya melihat hasil dari teman, serta hasil belajar siswa masih banyak yang berada dibawah KKM. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada ulangan harian materi bangun datar segi empat mata pelajaran matematika kelas VII SMPN 40 Padang tahun pelajaran 2016/2017, dari 96 orang siswa hanya 8 orang siswa saja yang memenuhi KKM. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian terhadap proses berpikir siswa pada materi bangun datar segi empat berdasarkan teori belajar Van Hiele di kelas VII SMPN 40 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan persentase proses berpikir siswa dalam memahami materi bangun datar segi empat berdasarkan teori belajar Van Hile di kelas VII SMP Negeri 40 Padang, 2) untuk mengetahui faktorfaktor apa yang mempengaruhi proses berpikir siswa pada materi bangun datar segi empat berdasarkan teori belajar Van Hiele. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah 1) Berapakah persentase proses berpikir siswa yang memenuhi pada tahap visualisasi, tahap analisis, tahap deduksi informal dan tahap deduksi, dalam memahami materi bangun datar segi empat di kelas VII SMP Negeri 40 Padang? 2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi proses berpikir siswa pada materi bangun datar segi empat berdasarkan teori Belajar Van Hiele? Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMPN 40 Padang. pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas VII1. Instrument penelitian berupa tes uraian dan wawancara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 19 Oct 2023 08:06
Last Modified: 19 Oct 2023 08:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16905

Actions (login required)

View Item View Item