ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL KUBUS DAN BALOK DI SMPN 10 PADANG

Elika, Fikriah and Susi, Herawati and Fazri, Zuzano (2017) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL KUBUS DAN BALOK DI SMPN 10 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
41. COVER.pdf

Download (604kB)
[img] Text
41. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal kubus dan balok. Selain itu, nilai semester ganjil matematika yang diperoleh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Padang tahun pelajaran 2016/2017 di bawah KKM. Untuk itu perlu dilakukan analisis kesalahan yang dilakukan siswa serta mendeskripsikan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut.Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalahuntuk mengetahui berapa persentase kesalahan konsep dan prinsip yang dilakukan siswa kelas VIII SMPN 10 Padang dalam menyelesaikan soal-soal kubus dan balok serta mengetahui faktor yang menyebabkan siswa kelas VIII SMPN 10 Padang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan menggunakan metode penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Padang yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 285 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih kelas VIII.G sebagai sampel penelitian dengan jumlah 36 orang siswa.Instrumen penelitian berupa tes dan wawancara. Tes yang diberikan berupa tes uraian. Tes digunakan untuk melihat persentase kesalahan yang dilakukan siswa, dan wawancara digunakan untuk mendeskripsikan faktor yang menyebakan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal kubus dan balok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : kesalahan konsep 154kesalahan (73,33%) dan kesalahan prinsip ada 56 kesalahan (26,67%) Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal kubus dan balok yaitu: faktor lingkungan, faktor instrumental, kondisi fisiologis dan kondisi psikologis. Dari hasil penelitian disarankan sebaiknya siswa lebih sering mengerjakan latihan-latihan soal dan mengubah cara belajar dengan sering belajar di rumah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:18
Last Modified: 20 Oct 2023 08:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16920

Actions (login required)

View Item View Item