Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal CeritaMatematika Berdasarkan Prosedur NewmanPadaSiswa Kelas VIII SMP Kartika 1-7 Padang

Nadya, Putri Mariza and Susi, Herawati and Rita, Desfitri (2017) Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal CeritaMatematika Berdasarkan Prosedur NewmanPadaSiswa Kelas VIII SMP Kartika 1-7 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
48. COVER.pdf

Download (180kB)
[img] Text
48. SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya siswa yang melakukankesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Untuk itu perlu dilakukananalisis tentang tipe-tipe kesalahan yang dilakukan siswa serta mendeskripsikanfaktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut. Analisis kesalahan berdasarkan Prosedur Newman adalah salah satu metode sederhana yang dapat digunakan untuk mendiagnosis kesalahan dalam menyelesaikan permasalahanmatematika. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui tahapan-tahapan kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Kartika 1-7Padang dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan prosedur Newman, 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas VIII SMP Kartika 1-7 Padang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal ceritamatematika berdasarkan prosedur Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan menggunakan metodepenelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPKartika 1-7 Padang. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII1,VIII2,VIII3 yang berjumlah 56 orang. Instrumen penelitian berupa tes danwawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan kesalahan yang dilakukan siswa dengansampel 56 orang siswa. Siswa melakukan kesalahan membaca atau pengkodean(Reading or decoding error) sebanyak 25%, kesalahan memahami (Comprehension error) sebanyak 80,36%, kesalahan transformasi (Transformation Error) sebanyak 91,07%, kesalahan keterampilan proses (Process skill error) sebanyak 98,21%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir (Encoding error) sebanyak 100%. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan adalah sebagai berikut: 1) Siswa tidak mampu membedakan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:39
Last Modified: 20 Oct 2023 08:39
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16927

Actions (login required)

View Item View Item