MARTINA, MEGA FITRI and YUSRI, WAHYUNI and LISTY, VERMANA (2020) :.Pengembangan Skenario Pembelajaran Active Learning tipe Hollywood Square Review pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMPN 25 Padang. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
22 Martina Mega Fitri (1610013211021) ABSTRAK.pdf Download (107kB) |
|
Text
22 Martina Mega Fitri (1610013211021) BAB I.pdf Download (429kB) |
|
Text
22 Martina Mega Fitri (1610013211021) BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) |
|
Text
22 Martina Mega Fitri (1610013211021) BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
|
Text
22 Martina Mega Fitri (1610013211021) BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
|
Text
22 Martina Mega Fitri (1610013211021) BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
|
Text
22 Martina Mega Fitri (1610013211021) COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
22 Martina Mega Fitri (1610013211021) DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (408kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari kurangnya motivasi belajar, perhatian dan minat peserta didik saat belajar matematika sehingga menyebabkan banyak hasil belajar matematika peserta didik yang dikategorikan tidak tuntas. Hal ini dikarenakan guru masih menggunkan metode belajar yang berpusat pada guru dan belum menggunakan strategi pembelajaran aktif karena minimnya alokasi waktu yang tersedia. Selain itu guru juga belum mengembangkan langkah-langkah pembelajaran dalam bentuk skenario pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan produk berupa skenario pembelajaran active learning tipe Hollywood Square Review yang dapat menambah minat belajar peserta didik. Skenario pembelajaran merupakan suatu skenario yang berisi urutan detail hal – hal yang akan dilakukan oleh guru mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Sementara pembelajaran aktif tipe Hollywood Square Review adalah suatu aktivitas yang menyenangkan karena peserta didik dapat belajar sambil bermain, dengan ini pembelajaran matematika terasa tidak membosankan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Adapun Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini ada 6 tahap yaitu (1) mengidentifikasikan potensi dan masalah, (2) mengumpulkan data, (3) mendesain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk, (6) produk akhir. Penelitian ini hanya dilakukan sampai di tahap validasi oleh pakar dikarenakan panemi covid-19. Berdasarkan hasil validasi dari ahli diperoleh hasil bahwa skenario pembelajaran active learning tipe Hollywood Square Review ini cukup valid dengan rata-rata kevalidan 77,84%. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada peneliti berikutnya dapat melakukan uji praktikalitas langsung di sekolah dan mengembangkan penelitian ini menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Putri Pustaka |
Date Deposited: | 25 Nov 2020 03:11 |
Last Modified: | 25 Nov 2020 03:11 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1696 |
Actions (login required)
View Item |