ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL PRODUKSI PADA ALAT TANGKAP BAGAN DI KENAGARIAN TELUK BETUNG, KECAMATAN BATANG KAPAS, KABUPATEN PESISIR SELATAN

YUNEZA RUSDI, YUNEZA RUSDI (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL PRODUKSI PADA ALAT TANGKAP BAGAN DI KENAGARIAN TELUK BETUNG, KECAMATAN BATANG KAPAS, KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
YUNEZA RUSDI cover bab i.pdf

Download (402kB)
[img] Text
YUNEZA RUSDI SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

RINGKASAN Yuneza Rusdi, NPM 1410016211028. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Produksi Pada Alat Tangkap Bagan Di Kenagarian Teluk Betung, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil produksi pada alat tangkap bagan di kenagarian Teluk Betung, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan. Diharapkan bermanfaat bagi penulis, nelayan, pemerintah dan pembaca untuk menambah pengetahuan dan informasi. Penelitian ini dilaksanakan di Kenagarian Teluk Betung Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan cara survei yang mempelajari data dari sampel, sehingga ditemukan kejadian– kejadian relatif, distribusi dan hubungan antara variabel. Penelitian ini menggunakan data primer yang langsung dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner (daftar pertanyaan) kepada responden sebanyak 40 orang, Wawancara dilakukan terhadap pemilik kapal bagan. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling diperoleh sampel sekitar 40 unit alat tangkap bagan. Variabel yang digunakan dalam penelitian adalah 4 variabel respon ( modal kerja, pengalaman melaut, tenaga kerja, dan jumlah trip penangkapan ikan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang tidak mempengaruhi hasil produksi adalah faktor modal kerja dengan nilai thitung (1,453) < ttabel ( 1,683) atau nilai signifikan α 0,155 > 0,05, faktor pengalaman melaut dengan nilai thitung (-0,223) < ttabel (1,683) atau nilai signifikan α 0,825 > 0,05, dan faktor tenaga kerja dengan nilai thitung (-0,319) < ttabel (1,683) atau nilai signifikan α 0,752 > 0,05. Variabel jumlah trip berpengaruh signifikan terhadap hasil produksi alat tangkap bagan di Kenagaraian Teluk Betung Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan dengan nilai thitung (2,896) > ttabel (1,683) atau nilai signifikan α 0,006 < 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 24 Oct 2023 04:24
Last Modified: 24 Oct 2023 04:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16966

Actions (login required)

View Item View Item