“Perbandingan Prestasi Belajar Mahasiswa Lulusan SMA dan SMK Pada Prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Bung Hatta Padang

Lussy Apriyani, Lussy Apriyani and Khairudin, Khairudin and Rini, Widyastuti (2017) “Perbandingan Prestasi Belajar Mahasiswa Lulusan SMA dan SMK Pada Prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Bung Hatta Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
24. COVER.pdf

Download (381kB)
[img] Text
24. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana perbandingan prestasi belajar antara mahasiswa lulusan SMA dan mahasiswa pascasarjana SMK jurusan PTIK – Universitas Bung Hatta Padang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa lulusan SMA dengan siswa lulusan SMK pada Prodi S1 ​​Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi komparatif (comperative study), yaitu membandingkan prestasi belajar antara siswa yang berasal dari lulusan SMA dengan siswa yang berasal dari SMK. Kemudian dilakukan analisis kuantitatif terhadap data yang dikumpulkan. Dalam penelitian ini diketahui perbandingan prestasi belajar antara siswa lulusan SMA dengan mahasiswa pascasarjana Jurusan SMK PTIK - Universitas Bung Hatta Padang. Dari pengolahan data berdasarkan Uji Chi-Square, dengan menggunakan bantuan spss versi 15, diperoleh nilai signifikansi 0,322 > 0,05, dengan demikian 〖H〗 _ (1) diterima, terdapat perbedaan frekuensi prestasi siswa lulus tinggi sekolah dan sekolah kejuruan pada Prodi S1 ​​Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Hasil analisis data menunjukkan prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh perbedaan kurikulum yang diperoleh semasa SMA atau SMK. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Siswa, SMA dan SMK, Metode Deskriptif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:27
Last Modified: 24 Oct 2023 07:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16990

Actions (login required)

View Item View Item