ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS ( Studi Kasus Pada Sektor Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016)

Doni Damara, Doni Damara and Yuhelmi S.E, M.M, Yuhelmi S.E, M.M and Mery Trianita S.E, M.M, Mery Trianita S.E, M.M (2018) ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS ( Studi Kasus Pada Sektor Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). Diploma thesis, Univ Bung Hatta.

[img] Text
skripsi full pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Kasus Pada Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016) Doni Damara1 , Yuhelmi S.E, M.M 2 , Mery Trianita S.E, M.M 2 1Mahasiswa Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta 2Dosen Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta E-mail: doniidamara10@gmail.com, yuhelmis@yahoo.co.id dan merytrianita@bunghatta.ac.id Abstrak Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan memperoleh laba dalam hubungannya dengan penjualan, total aktiva, maupun modal sendiri. Profitabilitas bisa diukur dengan dengan NPM. Net Profit Margin (NPM) adalah perbandingan antara laba bersih dengan penjualan. Profitabilitas ini dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah seperti pertumbuhan penjualan, leverage, ukuruan perusahaan dan perputaran modal kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio pertumbuhan penjualan, leverage, ukuruan perusahaan dan perputaran modal kerja terhadap net proft margin. Metode penentuan sampel pada penelitian ini sampling jenuh dan diperoleh 33 dari 37 perusahaan sebagai sampel dikarenakan ada 4 perusahaan yang tidak menerbitkan laporan keuangan secara lengkap. Data yang digunakan berupa data sekunder. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa Pertumbuhan penjualan, Ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas, Leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas, dan Perputaran modal kerja tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Kata kunci : net profit margin (NPM), pertumbuhan penjualan, leverage, ukuruan perusahaan dan perputaran modal kerja

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: iswandi ubh
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:22
Last Modified: 07 Nov 2023 02:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17142

Actions (login required)

View Item View Item