PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 29 DADOK TUNGGUL HITAM

Fahri, Erfaldi and NINIWATI, NINIWATI and Arlina, Yuza (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 29 DADOK TUNGGUL HITAM. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (181kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 29 Dadok Tunggul Hitam. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan apakah proporsi hasil belajar matematika siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan pembelajaranya menggunakan model pembelajaran Kooperatfi tipe Make A Match lebih tinggi dari proporsi hasil belajar matematika siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika dengan pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Insrumen yang digunakan berupa tes objektif sebanyak 20 soal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 29 Dadok Tunggul Hitam tahun pelajaran 2016/2017, sebanyak 63 orang siswa. Untuk menentukan distribusi data kedua kelas sampel dilakukan uji normalitas, pada kelas IVA mempunyai � (���� )= 0,164, � (�� ��) = 0,15, dan pada kelas IVB mempunyai � (���� ) = 0,166, � (�� ��) = 0,15, maka � (���� )>� (�� ��). Ini artinya data kelas kelas sampel tidak berdistribusi normal. Berdasarkan uji normalitas tersebut maka analisis data pada penelitian ini digunakan statistik non parametrik yaitu chi kuadrat (� � ) dua sampel independen. Dapat diketahui hasil belajar kedua kelas sampel penelitian setelah dilakukan uji hipotesis, menggunakan chi kuadrat (� � ) dua sampel independen diperoleh α = 0,05 maka ����� � = 4,47 > ��� �� � = 3,84 dan �� diterima. Dapat disimpulkan proporsi hasil belajar matematika siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match lebih tinggi dari proporsi hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci : make a match, hasil belajar, matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:26
Last Modified: 07 Nov 2023 02:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17143

Actions (login required)

View Item View Item