PENGARUH BUKTI FISIK, KEHANDALAN DAYA TANGGAP, JAMINAN DAN EMPATI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI BUS TRANS PADANG

Muhammad Aqso, Muhammad Aqso (2018) PENGARUH BUKTI FISIK, KEHANDALAN DAYA TANGGAP, JAMINAN DAN EMPATI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI BUS TRANS PADANG. Diploma thesis, Univ Bung Hatta.

[img] Text
1310011211073_MUHAMMAD AQSO_MANAJEMEN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)

Abstract

PENGARUH BUKTI FISIK, KEHANDALAN DAYA TANGGAP, JAMINAN DAN EMPATI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI BUS TRANS PADANG Oleh : Muhammad Aqso Pembimbing : Dra.Hj. Yulihar Mukhtar, M.Si Mery Trianita, SE.,MM INTISARI Transportasi merupakan salah satu yang diberi perhatian khusus olehpemerintah dan para pengguna jasa transportasi, karena disamping murah transportasi umum masih merupakan primadona bagi sebagianbesar masyarakat Indonesia. Berdasarkan kebutuhan masyarakat, sehingga banyak peluang pemerintah untukmenawarkan berbagai alternatifpenggunaan sarana transportasi darat sepertiTrans Padang.Trans Padang mulai beroperasi pada Februari 2014 dengan jumlah bus 15 unit bus dengan jumlah halte 37 unit. Rute Trans Padang adalah Pasar Raya Padang – Lubuk Buaya dengan jarak 33 KM dalam satu trayek dengan halte utama adalah halte Imam Bonjol. dengan adanya pelayanan yang telah diberikan sehingga terjadi perkembangan penumpang yang menggunakan Trans Padang. Banyak hal yang mempengaruhi loyalitas pelanggan untuk menaiki Bus Trans Padang. Beberapa hal tersebut yaitu bukti fisik fasilitas yang selalu berpenampilan rapi, kehandalan yang mampu memberikan pelayanan, daya tanggap membantu para pelanggan, jaminan yang di percaya oleh staff dan empati yang melakukan komunikasi yang baik. Transportasi yang efektif dan kualitas yang baik akan mendorong pelanggan untuk mempertimbangkan loyalitasnya untuk menaiki Bus Trans Padang. Penelitian ini menguji tentang pengaruh bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap loyalitas pelanggan di Bus Trans Padang. Metode pengambilan sampel yaitu metode purposive sampling yang akan disebarkan kepada 100 orang responden yang pernah menaiki Bus Trans Padang dengan kriteria berusia 17-24 tahun. Analisa yang digunakan yaitu analisa regresi linear berganda dengan pengujian. Kelayakan model (uji F), pengujian korfisien determinasi (R2 ) dan pengujian T-statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap dan empati tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Bus Trans Padang. Selanjutnya variabel jaminan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Bus Trans Padang. Tidak berpengaruhnya bukti fisik, kehandalan, daya tanggap dan empati mengindikasikan bahwa pelanggan yang menaiki Bus Trans Padang tidak terdorong oleh fasilitas disediakan, selalu berpenampilan rapi, menyediakan jasa tidak tepat waktu, selalu siap merespon, dan penuh perhatian. Sehingga oleh Trans Padang disarankan untuk mempertimbangkan bukti fisik, kehandalan, daya tanggap dan empati yang menaiki Bus Trans Padang agar konsumen merasa puas dan terpenuhi kebutuhannya. Kata kunci : bukti Fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, loyalitas pelanggan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: iswandi ubh
Date Deposited: 08 Nov 2023 01:59
Last Modified: 08 Nov 2023 01:59
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17186

Actions (login required)

View Item View Item