PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN RETURN ON EQUITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012 – 2016)

Muhardani Irwan, Muhardani Irwan and Yuhelmi, S.E, M.M, Yuhelmi, S.E, M.M and Rika Desiyanti, S.E, M.Si, Rika Desiyanti, S.E, M.Si (2018) PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN RETURN ON EQUITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012 – 2016). Diploma thesis, Univ Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP_PDF.pdf

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN RETURN ON EQUITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016). Muhardani Irwan1 , Yuhelmi, S.E, M.M2 , Rika Desiyanti, S.E, M.Si2 1Mahasiswa Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta 2Dosen Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta E-mail: muhardaniirwan@gmail.com, yuhelmis@yahoo.com, rikadesiyanti@bunghatta.ac.id ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh debt to equity ratio dan ukuran perusahaan terhadap harga saham dengan return on equity sebagai variabel intervening (studi kasus pada perusahaan sub sektor property dan real estate yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2012-2016). Variabel bebas yang digunakan didalam penelitian ini adalah debt to equity ratio dan ukuran perusahaan, dengan return on equity sebagai variabel intervening dan untuk variabel terikat yaitu harga saham. Sampel yang digunakan didalam penelitian ini sebanyak 21 perusahaan dengan menggunakan metode sampling jenuh. Data yang digunakan didalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Indonesian Stock Exchange (IDX). Analisis data yang digunakan didalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda, regresi linear sederhana dan regresi linear bertingkat dengan menggunakan bantuan software SPSS 15.0. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu DER tidak berpengaruh terhadap ROE, ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap ROE, ROE berpengaruh positif terhadap harga saham, DER berpengaruh negatif terhadap harga saham, ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap harga saham, ROE memediasi pengaruh DER terhadap harga saham secara negatif dan ROE tidak mampu memediasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap harga saham. Kata Kunci: Debt to Equity Ratio (DER), Harga Saham, Return On Equity (ROE) dan Ukuran Perusahaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: iswandi ubh
Date Deposited: 08 Nov 2023 02:21
Last Modified: 08 Nov 2023 02:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17199

Actions (login required)

View Item View Item