KAJI EKSPERIMENTAL PERBANDINGAN PERFORMANCE MOTOR BAKAR BENSIN BERBAHAN BAKAR PREMIUM RON 88 MURNI DENGAN PREMIUM RON 88 CAMPURAN NAFTALENA DAN ETANOL”

Afdhal, Zikri and Suryadimal, Suryadimal and Rizky, Arman (2018) KAJI EKSPERIMENTAL PERBANDINGAN PERFORMANCE MOTOR BAKAR BENSIN BERBAHAN BAKAR PREMIUM RON 88 MURNI DENGAN PREMIUM RON 88 CAMPURAN NAFTALENA DAN ETANOL”. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (770kB)
[img] Text
BAB V- PENUTUP.pdf

Download (150kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Etanol adalah alkohol yag berasal dari sumber hayati. Etanol merupakan salah satu bentuk sumber energi alternatif menarik untuk dikembangkan karena bahan bakunya yang berlimpah dan dapat diperbaharui. Ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan bagi pengguna motor bakar bensin untuk menghemat penggunaan bahan bakar minyak, diantaranya adalah pemanfaatan zat naftalena yang terdapat pada kapur barus yang dapat dicampur langsung dengan bensin. Penelitian dilakukan dilabor prestasi mesin tujuannya, adalah untuk memperoleh perbandingan unjuk kerja motor bakar bensin berbahan bakar premium murni dengan premium campuran naftalena dan etanol. Dalam penelitian unjuk kerja motor bakar menggunakan mesin toyota kijang 5k. Pada pengujian ini, menggunakan variasi campuran bahan bakar diantaranya premium sebanyak 80%, etanol 10%, dan naftalena 10%, kemudian premium 90%, etanol 5 %, dan naftalena 5 %, dan pengujian pada premium murni. Kata kunci : Motor bakar, Etanol, Naftalena.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:39
Last Modified: 09 Nov 2023 02:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17255

Actions (login required)

View Item View Item