PERBEDAAN SUHU TERHADAP DERAJAT PENETASAN TELUR DAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA IKAN KERAPU MACAN (Epinephelus fuscoguttatus)

Ridjaldi Pratama, Ridjaldi Pratama (2018) PERBEDAAN SUHU TERHADAP DERAJAT PENETASAN TELUR DAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA IKAN KERAPU MACAN (Epinephelus fuscoguttatus). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Ajo Skripsi OK.docx
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)

Abstract

RINGKASAN RIDJALDI PRATAMA, NPM 1310016111006. PERBEDAAN SUHU TERHADAP DERAJAT PENETASAN TELUR DAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA IKAN KERAPU MACAN (Epinephelus fuscoguttatus) Di bawah bimbingan Bapak Dr. Ir. Usman Bulanin, M.S dan Bapak Dr. Ir. Abdullah Munzir, M.Si. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2017 di Instalasi UPTD BBIP Sungai Nipah, Kecamatan IV Jurai Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Lokasi penelitian ini ditetapkan secara sengaja (purposive) bedasarkan keterangan data dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Metoda penelitian yang digunakan adalah metoda eksperimen dan menggunakan RAK (Rancangan Acak Kelompok) dengan 3 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan A dengan suhu inkubasi 31oC, perlakuan B dengan suhu inkubasi 33oC, dan perlakuan C dengan suhu inkubasi 35oC. Analisis data menggunakan program data SPSS versi 16. Berdasarkan hasil penelitian suhu yang berdeda memberikan pengaruh nyata terhadap derajat penetasan telur ikan kerapu macan pada perlakuan A dengan suhu 31oC (83%), terbaik dari perlakuan B dengan suhu 33oC (81,33%), dan perlakuan C dengan suhu 35oC (80,33%). Suhu yang berbeda memberikan pengaruh nyata terhadap kelangsungan hidup larva ikan kerapu macan. Persentase kelangsungan hidup larva kerapu macan perlakuan A dengan suhu 31oC (65,86%), terbaik dari perlakuan B dengan suhu 33oC (46,71%), perlakuan C dengan suhu 35oC (23,50%). Parameter kualitas air selama penelitian masih berada dalam standar baku mutu perairan yang baik dalam budidaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Budidaya Perairan
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:49
Last Modified: 09 Nov 2023 02:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17264

Actions (login required)

View Item View Item