“KAJI EKSPERIMENTAL DESTILASI TENAGA SURYA MENGGUNAKAN CERMIN PEMANTUL PADA DUA SISI KOLEKTOR UNTUK MENGOLAH AIR LAUT MENJADI AIR TAWAR DAN GARAM

Morry, Cahya Utami and Mulyanef, Mulyanef and kaidir, kaidir (2018) “KAJI EKSPERIMENTAL DESTILASI TENAGA SURYA MENGGUNAKAN CERMIN PEMANTUL PADA DUA SISI KOLEKTOR UNTUK MENGOLAH AIR LAUT MENJADI AIR TAWAR DAN GARAM. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER-BAB I.pdf

Download (747kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (150kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Wilayah Indonesia mempunyai potensi yang besar untuk memanfaatkan energi matahari yang berlimpah dan tidak memungut biaya. Wilayah indonesia akan selalu disinari matahari setiap hari disetiap tempat selama kurang lebih 10-12 jam. Sebagian penduduk Indonesia berpenghasilan sebagai nelayan dengan menggantungkan kehidupan profesi sebagai nelayan dan tinggal di pesisir pantai yang rentang dengan kekurangan air bersih, air merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia untuk hidup. Pada penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dan menentukan performansi produktivitas alat destilasi surya yang menggunakan satu cermin pemantul dan yang menggunakan dua cermin pemantul dengan variasi sudut kemiringan cermin 30o , 25o dan 20o . Prinsip kerja alat yaitu radiasi matahari dirubah menjadi energi panas pada kolektor, panas akan terkumpul di dalam plat penyerap dan memanaskan air laut yang berada pada basin (bak penampung) dengan kemiringan kaca penutup 30° dan luas penampang 80 cm x 50 cm x 10 cm, dari penelitian yang dilakukan dengan 6 liter air laut yang digunakan dalam pengujian alat destilasi surya, pada sudut kemiringan 30o alat destilasi surya yang menggunakan satu cermin pemantul menghasilkan air tawar sebanyak 4195 ml dan garam sebanyak 219.3 pada dua cermin pemantul menghasilkan air tawar sebanyak 4295 ml dan garam sebanyak 221.7 dengan intensitas matahari rata-rata 670.5 W/m². Sedangkan pada sudut kemiringan cermin 25o alat destilasi surya yang menggunakan satu cermin pemantul menghasilkan air tawar sebanyak 3935 ml dan garam sebanyak 216.9 pada dua cermin pemantul menghasilkan air tawar sebanyak 4170 ml dan garam sebanyak 218.1 dengan intensitas matahari rata-rata 586.4 W/m². Untuk sudut kemiringan cermin 20o alat destilasi surya yang menggunakan satu cermin pemantul menghasilkan air tawar sebanyak 3890 ml dan garam sebanyak 214.9 pada dua cermin pemantul menghasilkan air tawar sebanyak 4075 ml dan garam sebanyak 217.8 dengan intensitas matahari rata-rata 582.7 W/m². Pengujian ini dilakukan pada dan kondisi yang sama. Kata Kunci: Destilasi, Air laut, Air Tawar dan Garam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 09 Nov 2023 03:51
Last Modified: 09 Nov 2023 03:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17282

Actions (login required)

View Item View Item