Kaji Eksperimental Perpindahan Kalor Alat Penyulingan Sampah Non Organik (LDPE) Menjadi Bahan Bakar Minyak Dengan Menggunakan Penukar Kalor Pendingin air

MUHAMMAD, ILHAM and Suryadimal, Suryadimal and Duskiardi, Duskiardi (2018) Kaji Eksperimental Perpindahan Kalor Alat Penyulingan Sampah Non Organik (LDPE) Menjadi Bahan Bakar Minyak Dengan Menggunakan Penukar Kalor Pendingin air. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (95kB)
[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu alternatif penanganan sampah plastik yang saat ini banyak diteliti oleh para ahli bidang konversi energi dan yang telah dikembangkan adalah mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar. Menurut Fahlezi pengembangan sumber energi bebahan plastik adalah salah satu solusi penekanan penumpukan sampah yang semakin banyak. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan bakar cair dari pirolisis sampah plastik yang aman bagi manusia dan lingkungan. Bahan bakar minyak yang dihasilkan oleh alat penyulingan sampah non organik akan menjadi salah satu alternatif pengganti bahan minyak yang sedang mengalami krisis pada saat ini. Proses pirolisis adalah proses perubahan fasa sampah plastik dari fasa gas ke fasa cair didalam alat penukar kalor berpendingin air. Alat penukar kalor tersebut digunakan sebagai tempat mempertukarkan energi diantara dua fluida yang telah dialirkan didalam pipa, sehingga sejumlah 1000 gr sampah plastik dengan bertemperatur 387 oC menghasilkan minyak dalam kuantitas tertentu. Besaran besaran termodinamika yang bekerja seperti temperatur, tekanan dan volume diukur dengan alat ukur masing-masing pada kondensor. Setelah dilakukan pengujian dengan memvariasikan waktu pemprosesan diperoleh data sebagai berikut Selama percobaan 30 menit pada kondesor didapat laju perpindahan panas pada pipa kondensor 12,89W. Ketika waktu ditambah 60 menit nilai perpindahan panas meningkat menjadi 18,86W, sedangkan ketika waktu 900 menit didapat peningkatan nilai perpindahan panas sebesar 30,2604W. Dari analisa penggunaan kondensor berpendingin air bahwa kapasitas minyak yang dihasilkan tergantung kepada kenaikan temperatur, artinya semakin tinggi temperatur pembakaran akan dapat menghasilkan rata-rata dalam 1kg plastik low density polyethelene ( LDPE ) dan 0,8ml produk minyak yang setara dengan solar. Kata kunci ; sampah low density polyethelene ( LDPE ), temperatur, pirolisis, kondensasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 09 Nov 2023 04:03
Last Modified: 09 Nov 2023 04:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17283

Actions (login required)

View Item View Item